Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Rekomendasi Film Horor Thailand yang Rilis pada 2022

KOMPAS.com - Saat ini, sejumlah film atau serial televisi Thailand cukup digemari para penonton. Salah satu alasannya karena cerita di film Thailand mudah diterima para penonton.

Hal tersebut dibenarkan Jurnal Juree Vichir-Vadakan yang bertajuk “Thai Movies as Symbolic Representation Of Thai Life”.

Menurut jurnal tersebut film Thailand banyak digemari karena menyisipkan alur cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah diterima penonton dari berbagai kalangan.

Adapun salah satu genre film Thailand yang cukup digemari dan populer adalah horor. Mengapa?

Sebab, selain mencekam, film-film horor produksi Negeri Gajah Putih juga kerap menyisipkan unsur thriller dan komedi sehingga membuat suasana di cerita film jadi lebih berwarna.

Jika tertarik dengan jenis film ini, berikut film genre horor thriller Thailand yang dirilis pada 2022 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Melansir Kompas.com, Kamis (14/4/2022), Cracked merupakan film bergenre horor thriller yang tayang pada Sabtu (16/4/2022) di bioskop CGV.

Film yang dibintangi Nichkhun 2PM tersebut menceritakan tentang Ruja (Pat Chayanit), seorang ibu tunggal dengan anak satu yang bernama Rachel (Nina Natthacha).

Suatu ketika, ia mendengar kabar bahwa ayahnya yang seorang pelukis telah meninggal dunia. Sang ayah ternyata meninggalkan cukup banyak warisan kepada Ruja hingga membuat ia harus kembali ke negara asalnya.

Selain harta, Ruja juga menerima dua lukisan wanita cantik yang pernah dilukis ayahnya. Ia pun ingin menjual lukisan ini untuk membantu biaya pengobatan operasi mata Rachel.

Akhirnya, Ruja menghubungi Tim (Nichkhun 2PM), seorang pemugar karya seni sekaligus peneliti lukisan.

Segera setelah Tim memeriksa lukisan itu, ia dan Ruja menyadari bahwa ada aura aneh dari benda tersebut hingga membuat keduanya mengalami teror mengerikan.

Penasaran dengan misteri yang tersimpan di lukisan tersebut, Tim dan Ruja pun menggali informasi asal-usul lukisan dan berhasil menemukan fakta mengejutkan.

Apakah Tim dan Ruja berhasil keluar dari teror dan memecahkan misteri lukisan warisan itu?

Selain Cracked, Pee Nak 3 juga menjadi film horor lainnya yang tayang di CGV pada Rabu (15/6/2022).

Pee Nak 3 merupakan film horor komedi garapan Phontharis Chotkijsadarsopon yang dibintangi oleh sederet aktor kenamaan Thailand, seperti Rinat Abushaev, Phiravich Attachitsataporn, dan Sim Kyutae.

Melansir Kompas.com, Selasa 14/6/2022, sekuel dari film Pee Nak (2019) dan Pee Nak 2 (2020) ini menceritakan tentang seorang penggali kubur muda di Kuil Thamma Nakanimitr bernama Peace Aod (Pond Khunnapat Pichetworawut).

Suatu hari, saat berada di kuburan, ia menemukan gelang kaki emas kuno dari periode Perang Dunia II.

Merasa gelang ini cukup berharga, Aod pun memutuskan untuk membawanya pulang.

Tanpa disangka, gelang itu merubah kulit Aod seperti sisik ular. Kutukan ini bahkan menyiksanya dengan rasa sakit dan demam.

Sudah jatuh tertimpa tangga, kutukan dari gelang tersebut juga membangunkan sosok hantu Nak Kam. Ia adalah biksu pemula yang menjadi korban pertama dan menginginkan gelang ini kembali.

Agar bisa keluar dari kutukan, Aod akhirnya meminta pertolongan teman-temannya untuk menemukan biara hutan legendaris sebagai tempat obat kutukan yang berada di wilayah Timur Laut Thailand dan Sungai Mekong.

Sepanjang perjalanan, teman-teman Aod pun mendapat teror dari Nak Kam. Akankah mereka bisa menyelamat Aod tepat waktu?

Daeng Phra Khanong mengambil sudut pandang Dang, anak yang dikandung hantu wanita terkenal di Thailand, Mae Nak Phra Khanong.

Kisah hantu Mae Nak Phra Khanong sebelumnya pernah diangkat ke layar lebar dalam film horor-komedi berjudul Pee Mak. Film yang tayang pada 2013 ini dibintangi Mario Maurer dan Davika Hoorne.

Dalam film Pee Mak, sutradara Banjong Pisanthanakun hanya fokus menceritakan kehidupan Nak dan tidak ada kelanjutan tentang nasib sang bayi yang dikandungnya.

Seperti Pee Mak, Daeng Phra Khanong dikemas dengan genre komedi-horor dan mengangkat sosok Dang sebagai karakter utama.

Dang adalah hantu berwujud anak kecil yang sangat ingin berteman dengan anak manusia. Sebagai anak dari Nak, kehadirannya justru sangat ditakuti manusia.

Apakah nantinya Dang bisa mendapatkan teman sejati dari anak manusia?

Sedikit unik dari film horor Thailand lainnya, pengambilan gambar Those That Follow diketahui hanya menggunakan Apple iPhone 13 Pro.

Parkpoom Wongpoom selaku sutradara Those That Follow mengatakan bahwa pembuatan film dengan kamera ponsel adalah sebuah eksperimen yang ingin ia tunjukkan kepada dunia perfilman.

“Saya ingin menginspirasi pembuat film masa depan untuk membuat film mereka sendiri,” ujarnya seperti dilansir dari Tekkaus.com.

Dalam film Those That Follow, sutradara Wongpoom tampaknya ingin memberikan kesan horor nyata dengan membagikan kisah mistis dari kepercayaan orang di timur laut Thailand akan kejadian 'Phi Ta Khon' atau hantu yang mengikuti manusia.

Alur cerita film pendek berdurasi 20 menit ini mengikuti perjalanan dua remaja yang sedang dalam pelarian setelah melakukan tindakan perampokan.

Untuk menghindari kejaran orang-orang, mereka bersembunyi di festival topeng hantu lokal.

Keduanya mungkin dapat bersembunyi dari manusia, tetapi tidak dapat keluar dari berbagai kejadian mistis yang meneror mereka sedemikian rupa.

Akankah kedua remaja ini berhasil selamat dari kejaran para hantu?

Itu tadi empat film horor Thailand 2022 yang bisa Anda tonton lewat platform streaming langganan maupun internet. Selamat menonton.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/06/30/131200266/4-rekomendasi-film-horor-thailand-yang-rilis-pada-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke