Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Klaim Tulis Lagu All I Want for Christmas Is You, Andy Stone Gugat Mariah Carey Rp 288 Miliar

Andy Stone, musisi kelahiran New Orleans yang tampil sebagai Vince Vance and the Valiants, mengajukan gugatan perdata terhadap Carey, rekan penulis Walter Afanasieff, dan Sony Music Entertainment di Distrik Timur Louisiana pada hari Jumat.

Stone menuduh adanya pelanggaran hak cipta dan pengayaan yang tidak adil atas lagu "All I Want for Christmas Is You".

Ia mengaku ikut menulisnya di Nashville dan dirilis pada tahun 1989.

Penyanyi dan penulis lagu itu mengklaim "All I Want for Christmas Is You" yang menampilkan vokal dari Lisa Layne menerima "airplay ekstensif" di radio selama musim Natal 1993, yang mendorong lagu country itu naik ke No. 55 di Billboard's Hot Country Singles & Tracks di tahun berikutnya.

Carey sendiri merilis lagunya tahun 1994, yang lantas menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100.

Dalam pengajuan pengadilan, Stone yang usia pastinya tidak diketahui, dikatakan sebagai seniman wiraswasta yang mencari nafkah dengan menjual, menampilkan, dan melisensikan musik berhak ciptanya.

Lagu "All I Want for Christmas Is You" dari Stone adalah lagu country ballad yang dipimpin suara gitar, sedangkan lagu Carey adalah lagu pop uptempo, dan kedua lagu tersebut tidak memiliki lirik yang sama selain dari judulnya.

Terlepas dari perbedaan musik dan lirik mereka, isi gugatan mengklaim bahwa terdakwa, Carey, Afansieff, dan Sony "tidak pernah meminta atau memperoleh izin" untuk menggunakan judul lagu tersebut.

Selain itu, disebutkan bahwa Stone tidak pernah memberikan izin, persetujuan, atau lisensi untuk menggunakan judul tersebut.

Menurut dokumen pengadilan, pengacara Stone mengklaim mereka awalnya menghubungi Carey dan terdakwa lainnya pada April 2021 mengenai penggunaan lagu yang tidak sah.

Setelah tidak bisa mencapai kesepakatan tentang penggunaan, Stone membuat permintaan pribadi untuk mengirim permohonan perhentian untuk Carey, yang dia klaim terus mengeksploitasi karyanya meskipun ada surat peringatan.

Perwakilan Carey masih tidak mau berkomentar perihal gugatan ini.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/06/07/112104066/klaim-tulis-lagu-all-i-want-for-christmas-is-you-andy-stone-gugat-mariah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke