Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kronologi Kasus Johnny Depp dan Amber Heard

Johnny Depp yang pernah menikah dengan Amber Heard menggugat mantan istri barunya itu atas pencemaran nama baik setelah op-ed Washington Post diterbitkan pada 2018 lalu.

Dalam op-de Washington Post, Amber Heard menuliskan pengakuan jadi korban kekerasan dan pelecehan seksual dalam rumah tangga. Namun dia tidak menyebutkan secara gamblang bahwa pelaku adalah Johnny Depp.

Persidangan kasus Johnny Depp dan Amber Heard yang masih berlangsung ramai menyedot perhatian publik, apalagi setelah terungkap fakta-fakta baru bahwa bintang waralaba Pirates itu justru mengaku mengalami kekerasan.

Kronologi kasus pencemaran nama baik Johnny Deep dan Amber Heard

Sebagai informasi, Amber Heard dan Johnny Depp menikah pada Februari 2015 di Bahama setelah keduanya dipertemukan lewat "The Rum Diaries" pada 2009.

Depp menikahi Heard setelah berpisah dari mantan istrinya, Vanessa Paradis. Dua anak kandung Depp tidak memiliki hubungan baik dengan Heard walaupun mereka sempat menikah.

Baru setahun pernikahan, Depp digugat cerai Heard pada Mei 2016 karena perbedaan yang tak bisa didamaikan dan perceraian diselesaikan di luar pengadilan sampai tahun 2017.

Sebagai penyelesaian, Heard mengklaim telah menyumbang 7 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 101,5 miliar ke Rumah Sakit Anak Los Angeles dan American Civil Liberties Union, lembaga yang fokus memerangi kekerasan terhadap perempuan.

Selanjutnya pada Juni 2018, Johnny Depp diberitakan sebagai pemukul istri oleh The Sun dan dia menggugat sebesar 200.000 euro. Gugatan berlangsung pada 2020 dengan keputusan hakim bahwa artikel yang diterbitkan The Sun adalah benar.

Masih di tahun 2018, artikel yang secara tidak langsung melabeli Johnny Depp sebagai pelaku kekerasan kembali muncul. Kali ini lewat op-ed Washington Post edisi Desember 2018 berisi opini ekslusif Amber Heard tentang kehidupan rumah tangganya yang dipenuhi dengan kekerasan.

Meskipun tidak disebutkan bahwa orang yang dimaksud Heard adalah Depp, pihak Johnny Depp percaya bahwa tudingan itu mengarah padanya, terlebih artikel itu juga sudah menghancurkan kariernya. Johnny Depp menuntut Amber Heard atas kasus pencemaran nama baik pada Maret 2019 senilai 50 juta dolar Amerika atatu Rp 723 miliar.

Dalam gugatan itu, Depp menyangkal melecehkan dan melakukan kekerasan pada Amber Heard, ia mengklaim op-ed Washington Post sebagai hoaks. Sementara itu, pihak Heard yang didugat menyebut aksi Depp adalah upaya membungkam Amber Heard.

Kekalahan Johnny Depp pada sidang gugatan dengan The Sun membuat citranya di industri hiburan memburuk, padahal masih ada sidang gugatan pada Amber Heard yang belum berlangsung.

Tahun 2020, Johnny Depp kehilangan perannya di Fantastic Beast. Depp mengatakan Warner Bros memintanya mengundurkan diri dari peran Grindelwald. Selanjutnya Depp juga dipecat oleh Disney dari waralaba Pirates of the Carribean.

Persidangan Johnny Depp dan Amber Heard

Persidangan Depp dengan Amber Heard atas kasus pencemaran nama baik berlangsung pada 2022 di Fairfax, Virginia. Persidangan akan berlangsung selama 6 minggu.

Depp bersikeras memperjuangkan kebenaran. Persidangan ini jadi cara Depp melawan kekalahannya di pengadilan Inggris atas artikel yang diterbitkan The Sun.

"Saya tahu tidak ada kebenaran sama sekali, saya merasa tanggung jawab saya bukan hanya membela diri sendiri tapi juga membela anak-anak saya yang saat itu masih berusia 14 dan 16 tahun," ujar Depp dalam sidang kesaksiannya.

Selama persidangan, fakta-fakta baru terkait kehidupan rumah tangga Johnny Depp dan Amber Heard selama satu tahun mulai terungkap. Depp menggambarkan Heard sebagai penyerang.

"Dia bisa memulainya dengan menampar, mendorong, melempar remot TV ke kepala saya, melempar segelas anggur ke wajah saya," ucap Depp.

Dalam rekaman audio yang diperdengarkan di persidangan, Amber Heard mengaku memukul Depp.

Depp juga mengklaim bahwa Heard memotong jarinya. Depp meminum alkohol dan memakai obat-obatan untuk mengatasi trauma. Penyalahgunaan zat yang dilakukan Depp ketahuan saat juri melihat isi percakapan Depp dengan teman-temannya.

Pada hari terakhir kesaksian, dilakukan pemutaran rekaman suara Heard tentang Depp yang mengajukan gugatan.

"Beri tahu mereka, saya Johnny Depp, saya adalah korban kekerasan dalam rumah tangga, dan lihat berapa banyak orang yang akan percaya dan berpihak pada Anda."

Depp lantas ditanya oleh pengacaranya apakah dia adalah korban kekerasan dalam rumah tangga, aktor 58 tahun itu pun menjawab "Iya."

Sejauh ini Heard belum mengambil sikap dan persidangan masih berlangsung. Heard akan memberikan kesaksiannya pekan depan.

https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/30/112733966/kronologi-kasus-johnny-depp-dan-amber-heard

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke