Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Unreal Engine, Upie Guava Garap Video Musik dengan Teknologi VR

Setelah sukses dengan teknologi Unreal Engine di video musik "Be With You" milik Armand Maulana, Upie kini mengeksplorasi Virtual Reality atau VR.

Sutradara berusia 44 tahun ini menerapkan teknologi VR di dalam video musik lagu "Lestari (Life We Can't Waste) dari Journey to Zero atau JTZ.

Proyek Journey to Zero sendiri diisi oleh musisi-musisi muda Indonesia, yaitu Nikita Dompas, Anda Perdana, Faye Risakotta, dan Herald Genio.

Upie Guava berharap video musik "Lestari (Life We Can't Waste)" bisa memberikan pengalaman baru yang unik bagi masyarakat Indonesia.

Lewat video klip ini Upie dan JTZ ingin mengajak masyarakat, terutama generasi muda, untuk meningkatkan kesadaran terhadap perubahan iklim.

"Saya ingin video ini selain bisa menghibur penonton dengan pengalaman unik, juga berbagi informasi mengenai isu global yang sedang kita hadapi serta upaya penanggulangannya dalam aktivitas keseharian kita," kata Upie dalam keterangan pers tertulis, Rabu (24/11/2021).

Senada dengan Upie Guava, Nikita Dompas selaku music director di proyek ini berharap pesan dalam video klip ini bisa sampai kepada generasi muda.

Dengan dimulai dari hal-hal kecil, isu pemanasan global dan perubahan iklim ini bisa dilawan.

"Dan kami tuangkan melalui lagu agar semua orang terutama generasi muda mulai start action dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan dalam keseharian kita," kata Nikita.

"Lestari (Life We Can't Waste)" juga memiliki nilai unik karena memadukan tiga bahasa dalam balutan liriknya.

"Yang menarik dari lagu Lestari (Life We Can’t Waste) ini adalah penggunaan tiga bahasa, yaitu Bahasa Dayak Ngaju, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, untuk menunjukkan bahwa kearifan lokal kita bisa menjadi solusi permasalahan global," kata Nikita.

Video musik "Lestari (Life We Can't Waste)" sudah dirilis di platform YouTube sejak 21 November lalu.

Perilisan pada 21 November sengaja dipilih karena bertepatan dengan Hari Pohon Sedunia.

Video musik "Lestari (Life We Can't Waste)" dapat disaksikan lebih maksimal lewat pengalaman 360 derajat dengan menggunakan alat VR.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/24/095400566/setelah-unreal-engine-upie-guava-garap-video-musik-dengan-teknologi-vr-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke