Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viddsee Juree Awards Indonesia Umumkan 10 Finalis Terbarunya

Sepuluh film terpilih ini akan bersaing memperebutkan penghargaan Gold and Silver Award, serta Viddsee Filmmaker Gold and Silver Kit yang disponsori Motion Picture Association.

Selanjutnya, kesepuluh film tersebut akan dinilai Sebastien Simon (Programmer Busa International Short Film Festival), Linh Duong (Sutradara film Vietnam), dan Ahsan Adrian (Editor film Indonesia).

Tahun ini merupakan tahun kelima penyelenggaraan Viddsee Juree Awards. Ajang ini adalah festival film tahunan yang mengapresiasi film-film pendek terbaik dari Singapura, Indonesia, dan Filipina.

Para finalis Viddsee Juree Awards tahun ini mengangkat isu yang cukup beragam, dari mulai lingkungan, ekonomi, sosial, pandemi, hingga perempuan.

Arie Kartikasari, Community Manager Viddsee untuk Indonesia, mengungkapkan kegembiraannya atas keragaman film-film tahun ini.

"Kami merasa bersemangat sekali karena menerima film yang secara cakupan geografisnya tersebar dari seluruh Indonesia. Ada banyak nama baru, yang berarti kesempatan untuk memperkenalkan pembuat film baru dan potensial, serta cerita dan isu lokal yang mereka angkat semakin besar kepada penonton," kata Arie dalam keterangan pers tertulis, Selasa (19/10/2021).

Meski digelar di tengah pandemi, angka peserta yang ikut serta dalam Viddsee Juree Awards 2021 nyatanya bertambah.

Hal ini membuktikan, pandemi tak menurunkan kreativitas dan produktivitas orang-orang dalam berkarya, khususnya filmmaker di berbagai belahan dunia.

"Ada cukup banyak film yang dibuat di masa pandemi. Hal ini membuktikan keyakinan kami bahwa meski tak mudah, pembuat film akan menemukan jalan untuk tetap memproduksi film," ujar Arie.

Pemenang Viddsee Juree Awards 2021 akan diumumkan pada 3 Desember 2021 secara virtual oleh Viddsee.

Berikut ini sepuluh film finalis yang berhasil masuk ke babak utama.

1. A Half Mature of Egg (Telur Setengah Matang)

Sutradara: Reni Aprilia

Sinopsis: Anisa, remaja perempuan yang berusaha mencari solusi dari permasalahan kehamilan tidak diinginkan.

2. Boxes of Men and the Sea

Sutradara: Decky Putra

Sinopsis: Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki lebih dari 18 ribu pulau dan laut seluas 7,9 juta km persegi. Namun, hanya sedikit dari populasi yang familiar dengan laut. Decky tak pernah berlayar walau ia telah hidup 20 tahun di pesisir. Di perjalanan ini, Decky harus mengantarkan pesanan ke sebuah toko kelontong di tengah Samudera Hindia.

3. Dreadlocks

Sutradara: Sidiq Ariyadi

Sinopsis: Sutrisno adalah seorang petani yang berjibaku dengan ekonomi terutama saat ia harus menjalani ritual pemotongan gimbal anak lelakinya yang harus dibayar dengan seekor sapi betina.

4. In the Middle of the Pandemic (Rumah di Belakang Rumah)

Sutradara: Indra Hermawan

Sinopsis: Di tengah situasi pandemi yang tak menentu, ada banyak hoaks dan berita yang menakuti publik. Nono harus berhadapan dengan situasi sulit di luar kendalinya.

5. Jambrong & Gondrong

Sutradara: Monica Wijaya

Sinopsis: Babeh Jambrong seorang penjaga parkiran kehilangan uang miliknya karena kecerobohannya sendiri. Dia menuduh Bang Gondrong yang mengambil uang tersebut tanpa alasan jelas. Bang Gondrong tidak terima dan beradu mulut dengan Babe Jambrong.

6. Lotere

Sutradara: Arfi Sn

Sinopsis: Euis dan Kemed yang miskin, mencoba mengubah nasibnya dengan mengikuti togel dan acara kuis di televisi setiap harinya. Setiap malam, mereka berdua duduk di depan televisi untuk memastikan apakah nasibnya akan benar-benar berubah.

7. Message in the Money (Pada Selembar Pesan)

Sutradara: Iradat Ungkai Megah

Sinopsis: Wawan mendapat desakan dari ibunya untuk segera menikah. Sayangnya, ia terlampau pemalu dan payah untuk sekadar berkenalan dengan wanita. Suatu ketika ia menemukan selembar uang bertuliskan nomor handphone dan sebuah pesan dari seorang Wanita bernama Susi.

8. One Place Different Space (Balalek)

Sutradara: Haris Supiandi

Sinopsis: Pak Loji, seorang Tuhatahunt - ketua adat dan pemimpin ritual dari suku Dayak, diduga merupakan penyebab kebakaran hutan dan lahan di barat Kalimantan. Sandak, anaknya yang seorang tentara, terpaksa harus menemani Pak Loji yang akan dijemput oleh polisi. Keduanya terlibat ketegangan dalam perbedaan ruang.

9. The Lottery Seer (Peramal Kode Buntut)

Sutradara: Bernadeta Konsisoptiani

Sinopsis: Membaca adalah kemampuan yang jarang dimiliki di pedesaan di Jawa pada tahun 1980an. Herman adalah bocah cilik yang pandai membaca. Kemampuannya malah dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

10. The World is Me (Satu)

Sutradara: Aditia Santosa

Sinopsis: Supri adalah seorang nelayan yang menemukan mayat perempuan dengan penuh luka tusuk. Ia kebingungan tak tahu harus melakukan apa.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/10/19/202740866/viddsee-juree-awards-indonesia-umumkan-10-finalis-terbarunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke