Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Najwa Shihab: Tingkah Laku Kita di Dunia Maya Seharusnya Sama dengan di Dunia Nyata

Pesan ini sekaligus untuk meminimalisir terjadinya perundungan yang semakin marak karena interaksi sosial kini dibatasi akibat pandemi Covid-19 sehingga semuanya serba daring.

Najwa berpendapat, seharusnya setiap orang berperilaku sama, baik itu secara dunia nyata maupun dunia maya.

"Tingkah laku kita di dunia maya itu sebetulnya sama aturannya dan etikanya dengan tingkah laku kita di dunia nyata. Jangan karena di dunia maya, lu merasa lu boleh seenaknya dibandingkan di dunia nyata," kata Najwa seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Armand Maulana, Sabtu (27/2/2021).

Mempertegas argumentasi, anak Quraish Shihab itu memberikan contoh apa yang dimaksud dengan perilaku harus sama di dunia nyata dan dunia maya.

"Karena ya kalau di dunia nyata enggak mungkin tuh lu lagi ketemu orang terus, 'Kok jelek banget lu hari ini?', 'ih kok barang lu kayak murahan gitu?', kan enggak mungkin ketemu orang ngomong kayak begitu," ujar Najwa.

Apalagi, kata Najwa, perundungan itu tidak mungkin disampaikan kepada orang yang tidak kenal satu sama lain.

Oleh karena itu, Najwa menegaskan standar kepribadian seseorang dalam kehidupan sehari-hari seharusnya dibawa ke dalam dunia maya.

Najwa menduga perundungan ini merupakan lingkaran setan di mana pelaku merupakan korban yang pernah di-bully oleh orang lain.

"Orang yang nge-bully tuh biasanya dulu pernah jadi korban juga dan kemudian membawa perilaku destruktif itu ke orang lain, dan kalau ini enggak berhenti, ini enggak akan putus nih circle itu. Jadi ini satu concern yang menurut gue perlu kita lihat," tegas Najwa.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/02/27/163000566/najwa-shihab-tingkah-laku-kita-di-dunia-maya-seharusnya-sama-dengan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke