Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Risa Saraswati dan Ariel NOAH Terima Vaksin Perdana Covid-19

Berikut cerita mereka usai mendapat vaksin tersebut hingga peringatan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan tindakan sesudah vaksin.

Ariel rasakan pegal

Beberapa jam setelah dapat vaksin, Ariel NOAH baru merasakan pegal di bagian bekas suntikannya.

"Yang gue rasain baru yang pegal itu, baru mulai kerasa tuh di bekas suntikannya ya," kata Ariel dalam insta story Instagram-nya seperti dikutip Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Ariel meyakinkan rasa pegal tersebut tidak terjadi di seluruh tubuh.

"Tapi cuma di situ doang pegalnya, maksudnya, bukan pegal badan, kayak pegal bekas disuntik aja. Pas pertama disuntik enggak kerasa sekarang jam seginian baru kerasa," ucap Ariel.

Risa bukan ibu menyusui lagi

Sebagian masyarakat heran, Risa boleh mendapatkan vaksin karena selama ini diketahui penulis buku Danur itu menyusui anaknya yang berusia di bawah satu tahun, Anaking Raga Janari (Ari).

Sebab, peraturannya vaksin kali ini belum bisa diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui.

Risa pun memberikan penjelasan terkait kondisinya.

"Ya, saya sudah tidak menyusui Ari sejak 3 bulan lalu karena ASI sudah tidak keluar lagi tapi alhamdulillah stock ASI Ari masih ada di lemari es walau menipis," tulis Risa di insta story, dikutip Kamis (14/1/2021).

Risa tak rasakan pegal

Berbeda dengan Ariel NOAH, Risa mengaku tidak merasakan pegal di bekas bagian suntikan sekalipun.

"Nanti saya akan update bagaimana reaksinya ya. Baru satu jam paska vaksin ini. Sejauh ini tidak merasakan apapun bahkan pegal bekas suntikan pun tidak ada," tulis Risa dalam unggahan Instagram Story-nya, Kamis.

Jelaskan prosedur divaksin

Risa Saraswati melakukan vaksinasi di RSKIA, Bandung.

"Jadi tadi daftar dulu pakai KTP lanjut setelah ini screening dengan dokter untuk menceritakan riwayat penyakit dll, kurang lebih 10 menit," tulis Risa di Instagram.

Sudah melewati screening, Risa langsung mendapat giliran untuk disuntik vaksin.

"Jarumnya kecil, dosisnya sedikit. Nanti diulang lagi setelah 14 hari," lanjut Risa.

Sesudah disuntik, Risa harus menunggu 30 menit untuk memantau reaksi tubuh. Jika tak ada masalah, penerima vaksin diperbolehkan pulang.

Jangan euforia dulu usai vaksin

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan foto proses penyuntikan vaksin Covid-19 di kota Bandung.

Dalam foto itu terlihat pula Ariel NOAH yang sedang mendapat giliran vaksin bersama penerima terpilih lainnya.

Selain menjelaskan ketentuan vaksin, Ridwan Kamil juga mengingatkan agar para penerima perdana vaksin ini tak langsung selebrasi.

"Karenanya jangan euforia dulu setelah divaksin. Seperti rasa cinta dan sayang, hadirnya antibodi juga butuh waktu dan proses. Tetap gunakan protokol 3M," pesan Ridwan Kamil lewat akun @ridwankamil.

Diketahui, Raffi Ahmad yang termasuk artis pertama penerima vaksin di Istana Negara menjadi perbincangan karena terlihat berkumpul dengan banyak orang usai divaksin.

Pasalnya di foto itu terlihat Raffi, Nagita Slavina, Anya Geraldine, Gading Marten, dan Sean Gelael tidak mengenakan masker.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/15/084507666/fakta-risa-saraswati-dan-ariel-noah-terima-vaksin-perdana-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke