Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Raditya Dika dan Kisah Di Balik Kesuksesannya

Tak hanya didapat dari ajaran orangtua tapi juga berbagai buku yang dibacanya.

Bagaimana rahasia sukses seorang Raditya Dika, berikut rangkuman dari pengakuan pria kelahiran tahun 1984 itu.

Hobi baca sejak kecil

Memiliki orangtua yang sibuk, Raditya Dika akhirnya dibiasakan orangtuanya untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku. 

Bukannya bosan, Raditya Dika kecil justru semakin tenggelam dengan berbagai cerita dalam buku.

Karena hobi bacanya itu juga, ketika kelas 4 Sekolah Dasar, Raditya yang memiliki nama asli Dika Angkasaputra Moerwani Nasution itu memberi nama dirinya sendiri dengan nama Raditya yang berasal dari bahasa Sansekerta.

"Aku pulang sekolah bilang ke mama, ke orangtua, 'ma, kayaknya namaku kalau diganti jadi Raditya aja bagus deh'. Terus mamaku, 'ya sudah boleh'. Sudah habis itu berubah sampai sekarang," ujar Raditya.

Terbiasa gunakan data

Ketika menulis, menciptakan suatu karakter, atau apapun yang dilakukan itu, Raditya selalu menggunakan data-data. 

"Aku orangnya heavy on data banget, aku orangnya suka banget olah data, jadi dari situ aku biasa mentabulasi, misalnya membuat karakter," tutur Dika.

Memilih jadi berbeda

Sadar persaingan berat, Raditya tidak ingin menjalani apapun yang serba biasa.

Seperti ketika akhirnya dia meluncurkan buku-buku dengan judul unik dan berunsur hewan.

Tentu saja buku-buku Raditya Dika jadi terdengar lain dibanding buku cerita biasanya yang memiliki judul-judul indah. 

"Berangkat dari rasa pengin jadi orang yang berbeda, karena aku tahu yang lebih pinter banyak, lebih lucu banyak, lebih jago nulis banyak, tapi kalau aku beda, aku sendirian, itu yang aku pegang," kata Raditya.

Tak hanya beda tapi juga bagus

Berbeda saja tidak cukup, bagi Raditya Dika karya yang dia hasilkan harus bagus, di mana dia akhirnya menjadi penggemar pertama dari karyanya.

Karena dengan begitu, setidaknya di luar sana akan ada satu orang lain yang memiliki selera sama seperti dia.

"Menurut aku (bagus) yang pertama banget memuaskan diri kita sendiri dulu, patokan aku itu sebenarnya, paling enggak aku punya satu fans dari karyaku, yaitu diriku sendiri," ujar Raditya. 

Jatuh cinta pada Lupus

Mengagumi cerita-cerita Lupus yang ditulis Hilman Hariwijaya, Raditya bahkan menyebut kalau Lupus adalah awal yang membuat dia ingin terjun ke dunia komedi.

"Aku ngerasa ketika dari tulisan kita bisa baca dan ketawa, buat aku sih aneh, kok bisa dan gue pengin kayak gitu," ucapnya.

Lebih memilih menjadikan diri sendiri obyek komedi

Meskipun tidak selalu, tapi Raditya Dika lebih suka menjadikan dirinya sendiri sebagai obyek komedi.

"Gimanapun komedi itu butuh obyek, mending gue aja yang ditertawakan," kata Raditya Dika. 

Kalaupun harus membawa nama orang lain sebagai obyek, dia tidak boleh memiliki niat bermusuhan atau memusuhi orang tersebut.

Tak mau bermasalah

Cenderung jauh dari masalah, baik dengan netizen atau artis lainnya, Raditya memegang prinsip hidup untuk tidak menanggapi berlebihan semua hal.

"Kalau kita tahu itu truth-nya, maka apapun yang orang bilang enggak akan menggoyangkan kebenaran yang kita tahu. Jadi kita menjalani hidup dengan sesantainya aja," kata Raditya.

Tak takut persaingan

Raditya Dika boleh saja menjadi yang pertama di YouTube dengan subscriber terbanyak, tapi belakangan semua itu dibalap Atta Halilintar. 

Demikian halnya dalam film, meskipun lebih dulu terjun, tapi Ernest Prakasa lebih berkibar dan bahkan meraih piala Citra.

Menanggapi itu semua, Raditya justru senang karena itu jadi kesempatan buat dia berkolaborasi dan membuat industri tersebut semakin dilirik serta dipercaya.

"Seru ya karena industrinya jadi berkembang, semakin banyak orang, yang masuk ke dalam industri mungkin film gitu, maka kepercayaan masyarakat terhadap industrinya sendiri jadi naik," kata Raditya. 

"YouTube pun kayak gitu, ketika Atta semeledak itu, Atta dibicarain orang-orang, maka advertiser jadi ngelirik kan," sambungnya.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/11/26/082133166/raditya-dika-dan-kisah-di-balik-kesuksesannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke