Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyanyi Legendaris Utha Likumahuwa Kembali 'Hadir' Lewat "Sesaat Kau Hadir"

Kali ini, lagu yang dirilis resmi pada tahun 1990 lewat album Untuk Apa Lagi mendapat treatment remix dari produser muda asal Bandung, Pablo Cikaso. 

Singel remix telah dirilis pada 6 November 2020 oleh Warner Music Indonesia.

“Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” adalah singel remix pembuka untuk rilisan Extended Play (EP) Utha Likumahuwa – Sesaat Kau Hadir Remixes, kumpulan beberapa remixes dan remakes untuk lagu legendaris tersebut.

Dalam karier sang legenda, Utha Likumahuwa, “Sesaat Kau Hadir” mendapat posisi penting, mengingat lagu tersebut adalah karya yang melambungkan namanya.

Pertama kali dinyanyikan di Festival Lagu Populer Indonesia 1987, lagu ini menjadi favorit di acara tersebut. Lagu ikonik ini juga ditahbiskan jadi yang terbaik kedua pada ASEAN Pop Song Festival 1989, dengan Utha Likumahuwa sebagai penyanyinya.

Pihak keluarga almarhum Utha Likumahuwa menyambut baik inisiatif proyek yang digagas WMI ini.

“[Ini] merupakan perubahan yang menyegarkan! Karyanya di-mix sempurna tanpa kehilangan sensasi vokal beliau. Kami bangga banget sama [karya] ini!,” tegas Abraham Likumahuwa, putra kandung Utha Likumahuwa.

Pablo Cikaso sendiri dikenal sebagai produser piawai dalam remake lagu-lagu populer menjadi utuh baru lewat estetika nostalgia.

Melalui Pablo Cikaso (PC), gubahan “Sesaat Kau Hadir” mendapat warna baru yang belum pernah didengar sebelumnya.

Lagu ini seperti terlahir kembali lewat sound yang baru, namun tanpa kehilangan sisi otentiknya.

Vokal ikonik Utha Likumahuwa menjadi identitas penting dalam remix ini. Pun gaya remix Pablo Cikaso yang distingtif.

Raka Surya, sosok di balik PC, adalah produser muda asal Bandung, Jawa Barat, yang sebelumnya memang dikenal sering remake lagu-lagu, baik mainstream, maupun independen— menjadi khas 80an.

“Dan Bila (80’s Version)” adalah rilisan resmi pertama PC untuk singel komposer Mondo Gascaro.

PC juga baru merilis EP Nada di Utara yang berisikan komposisi originalnya dalam satu paket.

Selain itu, PC sering melakukan bootleg remix untuk lagu-lagu seperti “Bersandar” (White Shoes and the Couples Companies), “Konservatif” (The Adams), sampai “Drive Safe” (Rich Brian) yang seluruhnya diberi warna vintage kuat dan detail.

Mengakui dirinya sebagai penggemar lagu-lagu Utha Likumahuwa, Raka awalnya memang berniat me-remake/remix lagu Utha sebelum Warner Music Indonesia mengajaknya untuk proyek ini.

“Tapi waktu itu rencananya untuk lagu ‘Tersiksa Lagi’. Tiba-tiba dapat kabar dari pihak WMI, dan luar biasanya saya dapet tawaran untuk meremix lagunya Utha Likumahuwa, sangat kebetulan sekali,” Raka menjelaskan.

Terkait proses, Raka mendeskripsikan bahwa dia memang ‘meraba’ struktur lagunya terlebih dahulu, namun baginya ini proses yang cepat.

Perilisan “Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” disertai dengan visualizer dan video lirik “Sesaat Kau Hadir”.

Visualizer untuk remix ini diproduksi oleh seniman visual Henry “Batman” Foundation.

Lagu “Sesaat Kau Hadir” diciptakan oleh Boedi Bachtiar dan Adi Murdianto. Untuk pertama kalinya, Vokal Utha Likumahuwa direkam untuk lagu ini dalam momen Festival Lagu Populer Indonesia 1987.

Rekamannya terdokumentasi dalam kompilasi 12 Lagu Unggulan Festival Lagu Populer Indonesia 1987 (Bulletin, 1987).

Di album tersebut, “Sesaat Kau Hadir” adalah hit pertama.

Lewat lagu ini, Utha Likumahuwa mendapat gelar Penampil Terbaik Kedua di ASEAN Pop Song Festival 1989, di Manila.

Bisa dibilang, “Sesaat Kau Hadir” merupakan lagu yang membawa Utha Likumahuwa berdiri di singgasana pop Tanah Air pada tahun ’80-an.

Lagu ini juga dipopulerkan penyanyi lain, di antaranya adalah Harvey Malaihollo dan Once Mekel.

Utha Likumahuwa adalah penyanyi kelahiran Ambon, 1 Agustus 1955. Namanya mulai dikenal sejak merilis album Nada & Apresiasi pada tahun 1982 lewat Granada Records.

Dia telah mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri, di antaranya ASEAN Pop Song Festival, Asia Pacific Singing Contest, sampai Asia Pacific Broadcasting Union/ABU Golden Kite World Song Festival.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/11/11/212357666/penyanyi-legendaris-utha-likumahuwa-kembali-hadir-lewat-sesaat-kau-hadir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke