Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anang Hermansyah Akui Pernah Marah pada Pemerintah Sebelum Duduk di Parlemen

Anang Hermansyah kecewa karena melihat nasib para musisi yang seakan tak memiliki siapa pun yang bisa memperjuang atau membela nasibnya.

Namun, perasaannya itu berubah setelah Anang duduk di bangku parlemen dan menyadari tugas menjadi wakil rakyat tak semudah dibayangkan.

"Dulu saya marah sama pemerintah," kata Anang Hermansyah dikutip dari vlog di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara, Minggu (12/7/2020).

"Tapi setelah saya lihat parlemen, sedemikian kompleks permasalahan republik ini," sambung Anang Hermansyah yang akhirnya memaklumi bahwa tak mudah untuk memperjuangkan Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan. 

Melihat keragaman budaya dengan jumlah penduduk yang cukup besar menjadi tantangan sendiri bagi pemerintah Indonesia.

"Itu enggak gampang dirumuskan oleh Republik yang besar ini, berarti bahwa kita harus aktif melakukan tindakan itu, sadar bahwa profesi ini harus diperjuangkan, harus sama dengan profesi lain, bisa jadi gantungan hidup," kata Anang membandingkan nasib musisi Indonesia dengan musisi di negara lain.

Menurut Anang Hermansyah, musisi sekelas almarhum Chrisye atau Koes Plus sudah bisa menikmati masa tua apabila di luar negeri.

Pasalnya, aturan mengenai royalti di negara lain sudah lebih baik. Anang menyebut aturan mengenai royalti di Malaysia sudah lebih baik.


Sayangnya, Anang Hermansyah mengatakan, pengaturan mengenai royalti dan kesejahteraan musisi masih belum terjadi di Indonesia.

Diketahui, Anang Hermansyah pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Saat menjabat sebagai wakil rakyat, Anang Hermansyah sempat menuai kontroversi terkait RUU Permusikan.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/12/183234066/anang-hermansyah-akui-pernah-marah-pada-pemerintah-sebelum-duduk-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke