Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putra Deddy Dores Terlilit Utang, Jadi Driver Ojek Online demi Menyambung Hidup

Calvin adalah putra sulung dari istri ketiga musisi mendiang Deddy Dores.

Calvin pun menceritakan di balik keputusannya menjadi pengemudi ojek online akibat terlilit utang dalam jumlah cukup besar.

Berikut kabar lengkap kisah hidup Calvin sepeninggal ayahnya.

1. Jadi ojol sejak 2016

Tidak banyak yang tahu kalau Calvin sebenarnya sudah menjadi pengemudi ojek online sejak 2016.

"Ojol daftar (sudah dari) 2016 akhir, sudah daftar. Cuma viralnya baru kemarin sama sekarang ini," kata Calvin seraya tertawa saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019).

Calvin tidak merasa malu menjadi ojol lantaran pekerjaan ini halal. Ia juga sedang membutuhkan uang demi menyambung hidup.

"Karena, ya, kita sebagai laki-laki dan seorang ayah tentunya punya kewajiban buat nafkahi anak istri, nyokap, adik, itu poin pertama," kata Calvin.

2. Menjadi ojol karena tak ingin dikekang

Pilihannya menjadi pengemudi ojek online selain karena desakan ekonomi, dia merasa pekerjaan ini tidak membuatnya terkekang.

"Poin kedua, gue enggak bisa dikekang orangnya, enggak bisa kerja yang menetap gitu loh. Gue juga sukanya bebas, akhirnya pilih jalurny, ya, itu," kata Calvin.

Calvin memastikan bahwa keputusannya menjadi pengemudi ojek online bukan karena sulit mencari pekerjaan atau lainnya.

3. Sering dipandang negatif

Menyandang nama besar ayahnya, Calvin tak bisa mengelak ketika banyak orang akhirnya memandangnya negatif atas apa yang dia kerjakan.

Hanya saja, Calvin lebih peduli pada pekerjaan yang ia lakukan. Menurut dia, pekerjaannya ini halal dan bisa menghidupi anak, istri, serta ibunya.

4. Pekerjaan sampingan lain

Selain menjadi pengemudi ojek online, rupanya Calvin memiliki banyak usaha sampingan.

Salah satunya adalah menjadi makelar rumah, kendaraan, tanah, dan yang terbaru Calvin mencoba membuka usaha jual beli kendaraan motor bekas di rumahnya.

"Kan, saya sekarang buka kecil-kecilan, bisnis jual beli motor second. Kecil-kecilan, cuma di rumah saja sih," ucap Calvin.

5. Terlilit utang

Seperti dijelaskan sebelumnya, Calvin menjadi pengemudi ojek online karena masalah keuangan.

Calvin mengakui bahwa ia harus membayar utang mendiang ayahnya yang jumlahnya tak sedikit.

"Sebenarnya iya (karena utang), terpuruk," ucap Calvin.

6. Royalti Deddy Dores tak cukup untuk menutup utang

Memiliki royalti atas karya dalam jumlah cukup besar tak membuat Calvin bisa hidup enak.

Terlebih hasil royalti sudah dibagi-bagi untuk lima anak Deddy Dores, dan masalah utang tersebut tidak pernah mereka ketahui.

"Karena di sini ada sangkutan (utang) papa dan saya yang tahu permasalahan ini, yang lain enggak tahu menahu. (Sampai) sempat terjadi kesalahpahaman," tutur Calvin.

Sehingga, hanya jatah royalti Calvin yang dipotong untuk membayar utang ayahnya.

"Ya, mereka merasa enggak tahu menahu, beranggapan mereka, adik saya juga sama 'ya gue enggak tahu papa utang apa, yang tahu lu' ya sudah," tutur Calvin yang enggan mencari ribut.

7. Bersiap mengeluarkan lagu di 2020

Selain sibuk dengan pekerjaan sampingannya, Calvin rupanya diam-diam sudah mempersiapkan diri untuk mengeluarkan lagu hasil ciptaannya.

Sebelum Deddy Dores meninggal dunia, Calvin bahkan sudah mendapat persetujuan ayahnya yang menyebut lagu itu akan sukses.

Calvin juga beruntung mendapat bantuan dari teman ayahnya, Tito Sumarsono, juga musisi Pay.

"(2020) dirilis, tapi saya enggak dengan label, sendiri saja, ada beberapa teman almarhum papa yang bantu, kayak om Tito Sumarsono. Tapi ya balik lagi, saya ingin mengenalkan warna musik saya."

https://www.kompas.com/hype/read/2019/12/26/093133066/putra-deddy-dores-terlilit-utang-jadi-driver-ojek-online-demi-menyambung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke