Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Pupuk Racikan untuk Aglonema dan Tanaman Hias Lainnya

Kompas.com - 18/11/2021, 16:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk merupakan material yang dibutuhkan semua tanaman untuk mencukupi kebutuhan unsur hara, termasuk tanaman aglonema dan tanaman hias lainnya.

Ada begitu banyak jenis dan merek pupuk yang bisa digunakan untuk membuat aglonema dan tanaman hias lainnya subur. Namun, kamu bisa membuat racikan pupuk sendiri untuk aglonema dan tanaman hias lainnya. 

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Kamis (18/11/2021), berikut cara membuat pupuk racikan untuk aglonema dan tanaman hias lainnya tumbuh subur. 

Baca juga: Penyebab Aglonema Busuk Akar dan Cara Mencegahnya

Bahan-bahan

  • Micin
  • Air cucian beras sekitar lima liter
  • Rapid root plus

Cara meracik pupuk

  • Siapkan air cucian beras dalam wadah

Langkah pertama yanga perlu dilakukan adalah menyiapkan air cucian beras sekitar lima liter di dalam wadah berupa ember.

Air cucian beras berguna menyegarkan dan menghilangkan stres pada tanaman sekaligus membuat tanaman tahan dari penyakit. 

Baca juga: Cara Membuat Akar Aglonema Subur dan Lebat

  • Masukkan lima gram micin

Masukkan lima gram micin ke air cucian beras, lalu aduk-aduk sampai larut merata. Micin berguna menyuburkan tanaman, membuat daun lebih besar, serta merangsang pertumbuhan.

  • Masukkan rapid root plus

Setelah melarutkan air cucian beras dan micin, masukkan sekitar lima gram rapid root plus dan aduk kembali sampai larut merata.

Rapid root plus adalah perangsang akar yang dapat membuat akar tanaman lebih cepat keluar. Semakin banyak akar muda tanaman yang keluar, semakin membuat penyerapan nutrisi tanaman maksimal. 

Baca juga: Penyebab Munculnya Ulat pada Tanaman Aglonema dan Cara Membasminya

  • Siramkan pupuk racikan ke tanaman

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pupuk racikan untuk membuat aglonema dan tanaman hias lainnya subur sudah siap digunakan. 

Saatnya, tinggal menyiramkan pupuk racikan tersebut ke tanaman. Siramkan pupuk racikan secukupnya ke bagian media tanam dan batang tanaman. 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema Tetap Tumbuh Subur walau Tanpa Akar

Untuk tanaman aglonema, pastikan proses penyiraman pupuk racikan tidak mengenai daunnya karena dapat membuat daun aglonema meninggalkan bercak putih dan lama-kelamaan akan menutup stomata daun.

Lakukan penyiraman pupuk racikan ini pada pagi atau sore hari setiap satu bulan sekali atau tiga minggu sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com