Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tanaman yang Dapat Mengharumkan Ruangan Secara Alami

Tanaman hias dapat mempercantik ruangan, meningkatkan kualitas udara, memberi kesegaran, dan beberapa memiliki aroma yang dapat mengharumkan rumah. Dengan aroma ini, ruangan terasa harum, segar, serta nyaman. 

Dilansir dari Living Etc, Senin (9/10/2023), berikut beberapa tanaman yang dapat mengharumkan ruangan secara alami. 

Bunganya yang kecil dan putih memiliki aroma manis serta menenangkan. Melati juga merupakan tanaman yang cukup mudah dirawat.

Tanaman bungan melati yang ditanam di dalam ruangan dapat tumbuh subur di tempat cerah, tetapi hindari paparan sinar matahari langsung.

Tanaman ini membutuhkan tanah lembap, tetapi hindari tanah yang terlalu basah. 

Pohon jerum kumquat (Citrus japonica)

Selanjutnya, tanaman yang dapat mengharumkan ruangan secara alami adalah kumquat pohon jeruk kumquat (Citrus japonica). 

Ini merupakan tanaman beraroma yang manis serta dapat menghasilkan buahnya sendiri. Tanaman ini membutuhkan perawatan yang sedang-sedang saja, tetapi dapat menjadi tanaman menyenangkan dan bermanfaat. 

Namun, hindari paparan sinar matahari langsung sehingga dapat meletakkannya di rumah yang memiliki kelembapan tinggi. Jangan lupa menyiram pohon jeruk ini secara teratur. 

Gardenia adalah tanaman bunga yang populer dirawat di dalam ruangan.  Bunganya yang putih memiliki aroma harum, manis. dan menenangkan.

Gardenia juga merupakan tanaman yang cukup mudah dirawat.Gardenia dapat tumbuh sangat besar dalam ruangan. 

Jadi, Anda harus siap merepotting atau memangkasnya secara teratur setiap dua sampai tiga tahun. Anda juga perlu menggunakan pot cukup besar untuk menampung pertumbuhannya dan pastikan tanahnya lembap, tetapi tidak basah atau berdrainase lambat. 

Rosemary tuscan (Rosmarinus officinalis)

Terakhir, tanaman yang dapat mengharumkan ruangan secara alami adalah rosemary tuscan (Rosmarinus officinalis).

Tanaman herbal inni memiliki daun berwarna hijau tua dengan aroma kuat dan pedas. Rosemary biasa digunakan untuk membumbui makanan dan minuman.

Rosemary tuscan membutuhkan sinar matahari langsung selama enam hingga delapan jam sehari sehingga Anda dapat meletakkannya di teras, balkon, atau dekat jendela dalam ruangan.

Walau tidak membutuhkan kelembapan tinggi, tanaman herbal ini tetap memerlukan penyiraman secara teratur serta merepotting atau memangkasnya secara teratur untuk menjaga tetap sehat dan berbunga.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/09/200700776/4-tanaman-yang-dapat-mengharumkan-ruangan-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke