Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memilih Jenis Cat Berdasarkan Ruangan di Rumah

Cat dinilai lebih efektif dalam menambahkan warna, meningkatkan suasana, dan mempercantik ruangan dibanding pelapis dinding lainnya, seperti wallpaper.  

Selain itu, cat memiliki harga lebih terjangkau dan bisa digunakan untuk penggunaan jangka panjang. Idealnya, cat dapat bertahan lima sampai delapan tahu, tergantung kondisi cuaca dan area pengaplikasian cat. 

Umumnya, orang menggunakan satu jenis cat interior untuk setiap ruangan di rumah. Padahal, tidak selalu demikian.

Namun, kondisi di satu ruangan tidak selalu sama dengan ruangan lainnya. Misalnya, ruang bawah tanah tidak sama dengan dapur dan dapur tidak sama dengan kamar tidur.

Begitu pun, area rumah yang berbeda memiliki pencahayaan, aktivitas, dan iklim mikro yang berbeda, yang membutuhkan jenis cat berbeda. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Sabtu (26/8/2023), berikut cara memilih jenis cat berdasarkan ruangan di rumah. 

Hal ini karena kamar tidur cenderung menjadi ruang yang sangat memaafkan dalam hal dampak fisik dan lalu lintas. Anda dapat menggunakan jenis cat datar atau matte.

Kerusakan pada cat harus minimal, kecuali di kamar tidur anak-anak. Meski begitu, sebagian besar pemilik rumah memilih cat lateks satin atau eggshell untuk kamar tidur karena mudah dibersihkan.

Cat terbaik dapur

Untuk dapur, lihatlah kategori umum cat dinding interior. Namun, hindari cat datar atau jenis cat matte lainnya karena sulit dibersihkan.

Meski kilau satin atau eggshell sangat populer, beberapa pemilik rumah yang peduli dengan perawatan memilih kilau semi gloss di dapur mereka. 

Cat dengan kilau yang lebih mengkilap memiliki struktur molekul lebih rapat daripada cat datar sehingga lebih sulit ditembus kelembapan.

Namun, gunakanlah cat kilap secukupnya. Gunakan hanya untuk area yang paling kritis dengan kontrol kelembapan atau perlindungan terhadap kerusakan diperlukan. 

Cat terbaik kamar tidur anak  

Kamar tidur anak-anak terkenal menerima banyak benturan, beberapa di antaranya tidak disengaja dan sebagian disengaja.

Pikirkan cat kamar mandi yang kuat saat Anda mempertimbangkan cat terbaik kamar tidur anak-anak, yakni daya tahan kuat, mudah dibersihkan, dan tahan air.

Jika memperkirakan akan ada masalah besar, carilah cat interior dengan bahan tambahan yang dapat membantu menghilangkan noda.

Cat interior yang mengandung teflon akan lebih tahan terhadap lecet dan noda dibanding cat biasa serta lebih mudah dibersihkan hanya dengan kain sabun basah.  Pilih cat dengan hasil akhir satin, eggshell, bahkan semi-gloss. 

Jadi, kecuali jika Anda memiliki anak kecil dan harus sering mengelap dinding ruang keluarga, gunakan cat datar atau eggshell.

Jika rumah tidak memiliki anak kecil, gunakanlah cat satin. Ingat, tidak semua cat dalam satu ruangan harus sama.

Untuk lis jendela (bahkan jendela tanpa lis), yang terbaik adalah menggunakan cat yang lebih mengkilap daripada yang digunakan pada dinding. 

Cat terbaik untuk plafon 

Sebagian besar plafon dicat putih datar karena alasan bagus. Sebab, warna-warna yang lebih terang memantulkan sebagian besar cahaya sekitar ke dalam ruangan dan membantu ruangan terasa lebih besar.

Cat datar dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan kecil yang biasa terjadi di plafon. Hal ini juga menghindari ilusi pembatas ruang yang diciptakan oleh cat mengkilap dengan pantulan.

Jika berencana menjual rumah dalam waktu dekat, cat plafon putih dengan jenis cat datar sangat disarankan karena ini adalah warna dan kilau standar untuk sebagian besar rumah. Pembeli mengharapkan hal ini dan warna lain mungkin tidak menarik.  

Pada plafon, Anda dapat menggunakan jenis cat apa pun yang berlabel cat plafon atau cat lateks interior berwarna putih datar dengan kemilau datar atau matte. 

Cat terbaik untuk dinding batu basement

Dinding pasangan bata ruang bawah tanah atau basement sering kali dapat menampung air. Jika dinding ruang bawah tanah kering, anggaplah diri Anda beruntung.

Apabila dinding ruang bawah tanah mengeluarkan uap air, Anda harus mengambil tindakan khusus. Cat pasangan bata basement menyegel retakan dinding hingga selebar 1/16 inci dengan aksi elastomer.

Elastomer berarti mengembang, kemudian kembali ke bentuk semula ketika tekanan hilang. Pilih cat dengan hasil akhir mengkilap untuk ruang bawah tanah 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/26/205000476/cara-memilih-jenis-cat-berdasarkan-ruangan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke