Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Memilih Nakas dengan Ukuran yang Tepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Nakas atau meja di samping tempat tidur tidak hanya fungsional, namun juga dapat menjadi elemen dekorasi kamar tidur. Memilih nakas pun merupakan proses yang menyenangkan, karena banyaknya pilihan di pasaran.

Akan tetapi, dengan begitu banyak gaya meja samping tempat tidur untuk dipilih, desainer interior setuju bahwa penting untuk mempertimbangkan ukuran nakas dan proporsinya sebelum membeli.

Menurut desainer interior Marie Cloud, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu dipikirkan ketika memilih ukuran nakas.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan terkait ukuran nakas sebelum ditempatkan di samping tempat tidur, dikutip dari The Spruce, Rabu (28/9/2022).

1. Proporsi nakas yang sesuai

Cloud dan sejumlah desainer interior lain setuju bahwa proporsi nakas adalah hal penting.

Sebelum Anda memilih nakas, penting untuk menentukan ukuran tempat tidur yang tepat untuk kamar tidur.

Desainer interior Peti Lau mengungkapkan, sering kali ia menemukan klien yang membeli meja nakas yang terlalu kecil atau terlalu besar, karena tidak mengetahui atau memahami skala meja nakas di samping tempat tidur.

2. Ukur tinggi dan lebar nakas

Setelah menentukan ukuran tempat tidur yang tepat untuk dibeli, Anda kemudian perlu melihat ukuran nakas. Menurut Lau, ketinggian nakas setidaknya antara 24 hingga 28 inci.

Lebarnya tergantung pada seberapa banyak ruang yang tersisa. Menurut desainer interior Emily Starr Alfano, nakas sebaiknya tidak lebih tinggi dari kasur, karena Anda akan kesulitan meraih barang yang ada di atas nakas.

3. Berpikirlah out of the box

Anda bisa bebas memilih gaya atau desain nakas yang sesuai selera atau selaras dengan desain kamar tidur. Lau menuturkan, selama sesuai dengan pedoman pengukuran ini, meja samping tempat tidur tidak perlu menjadi satu gaya tertentu.

Sebab, imbuh dia, kadang-kadang meja samping tempat tidur bisa menjadi lemari kedua untuk penyimpanan lebih banyak jika Anda memiliki banyak ruang di dinding sandaran kepala tempat tidur.

4. Tidak perlu serasi

Menurut Alfano, meja samping tempat tidur juga tidak perlu serasi.

Jika asimetri bukan hal yang Anda sukai, Anda dapat menambahkan simetri dengan benda lain, seperti sepasang lampu yang serasi atau karya seni yang serasi di atas masing-masing, untuk menciptakan tampilan yang seimbang, kata desainer Caroline Agee.

5. Fungsionalitas itu penting

Mengingat rutinitas dan kebutuhan harian Anda adalah bagian penting dari proses pemilihan meja samping tempat tidur. Harus ada ruang yang cukup untuk segelas air, satu atau dua buku, foto berbingkai, dan lampu, meskipun tempat lilin dinding akan berfungsi jika ruang terbatas, saran Agee.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/28/093100276/5-cara-memilih-nakas-dengan-ukuran-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke