Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ras Anjing dari Iklim Dingin yang Bisa Dipelihara di Indonesia

Dilansir dari Reader Digest, American Kennel Club—organisasi anjing dunia—mengatakan ada sekitar 195 ras anjing dengan 79 ras anjing tambahan menuju pengakuan penuh. 

Semua ras anjing ini menyebar ke berbagai belahan dunia, salah satunya daerah dengan iklim dingin. Anjing cuaca dingin memiliki tubuh besar dan bulu sangat tebal yang dirancang untuk menahan suhu dingin. 

Meski berasal dari iklim dingin, anjing ini bisa dipeliharan di negara sub tropis dan tropis seperti Indonesia. Anjing dari wilayah dingin ini akan membawa kehangatan ke rumah serta menjadi sahabat baik. 

Dilansir dari Daily Paws, Minggu (7/8/2022), berikut ras anjing dari iklim dingin yang bisa dipelihara di Indonesia. 

Alaskan Malamutes awalnya dibiakkan suku Mahlemiut Inuit, Alaska, Amerika Serikat (AS), untuk membantu mengangkut beban berat di wilayah bersalju.

Anjing besar ini memiliki lapisan bulu sangat tebal untuk kuat menahan cuaca dingin yang ekstrem. Dengan berat 35-38 kilogram, membuatnya digunakan untuk menarik kereta luncur.

Namun, Alaskan malamute banyak dipelihara di berbagai negara, termasuk negara tropis, seperti Indonesia. Alaskan malamute menjadi anjing keluarga yang penyayang dan setia.

Hanya saja, pastikan AC rumah Anda selalu dalam keadaan dingin karean udara panas bisa merontokkan bulunya serta memberinya latihan rutin. 

Saint bernard

Saint Bernards mendapatkan nama "suci" mereka dengan menyelamatkan para peziarah yang bepergian ke Roma melalui St. Bernard Pass, bagian berbahaya dari Pegunungan Alpen antara Italia dan Swiss.

Memiliki bulu sangat tebal membuat saint Bernard menjadi ras anjing dari wilayah dingin yang sangat baik untuk petualangan di luar ruangan.

St Bernard juga termasuk ras anjing besar dengan berat antara 54-81 kilogram. Ukuran ini membuatnya hanya cocok dipelihara orang tertentu. 

Beagle menjadi salah satu ras paling populer di AS lantaran memiliki sikap manis dan mudah beradaptasi. 

Selain AS, Beagle juga banyak dipelihara di Indonesia. Beagle mampu beradaptasi dengan iklim panas Tanah Air. Tak heran, membuatnya menjadi ras anjing dari iklim dingin yang bisa dipelihara di Indonesia.

Selain itu, anjing Chow chow juga bisa menyendiri seperti kucing, tetapi membutuhkan sedikit olahraga sehingga menjadikannya pilihan lainnya ras anjing dari iklim dingin yang bisa dipelihara di Indonesia. 

Namun, lantaran bulunya yang tebal membuatnya mudah kepanasan di iklim lebih hangat. Jadi, jika ingin memeliharanya, menjaga Chow chow tetap dingin adalah kuncinya. 

Great pyrenees

Terakhir, ras anjing dari iklim dingin yang bisa dipelihara di Indonesia adalah Great pyrenees. Dinamakan untuk Pegunungan Pyrenese yang merupakan tempat awalnya dibesarkan, Great Pyrenees adalah anjing putih salju yang dikenal karena kekuatan dan ukurannya.

Anjing Great pyrenees dewasa dapat memiliki berat antara 38-45 kilogram lebih. Bulu sangat tebal yang dimilikinya dapat melindungi Great pyrenees dari cuaca dingin. 

Bulu anjing ini juga rentan rontok sehingga perlu melakukan perawatn rutin. Great pyrenees memiliki kepribadian tenang, tetapi membutuhkan banyak ruang untuk bermain. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/07/090139276/5-ras-anjing-dari-iklim-dingin-yang-bisa-dipelihara-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke