Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Trik Membuat Plafon Kamar Tidur Terlihat Lebih Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kamar tidur menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang dapat memberikan kenyamanan tersendiri.

Untuk itu, kamu akan melakukan segala hal untuk meningkatkan tampilannya, entah dari elemen dekorasi atau warna cat dinding.

Bahkan, plafon kamar tidur juga dapat dikreasikan jika ingin membuatnya terlihat lebih tinggi. Caranya ternyata cukup mudah, seperti dikutip Homes & Gardens, Selasa (8/3/2022). Apa saja?

Plafon kamar tidur yang rendah dapat dibuat terlihat lebih tinggi dengan cat warna putih. Namun, kamu juga bisa menggunakan warna bernuansa lembut yang warna dasarnya adalah coklat.

Selain plafon, dinding direkomendasikan untuk dicat dengan warna putih juga. Tampilan ini mungkin akan menarik perhatian para pecinta kamar tidur minimalis.

Mewarnai dinding dan plafon dengan warna putih dapat membuat ruangan terlihat lebih bercahaya, dan terasa lebih besar baik itu secara vertikal maupun horizontal.

Supaya kamar tidur tidak terlihat terlalu steril, tambahkan beberapa warna dari furnitur seperti tirai, seprai, atau karpet.

2. Tambahkan garis vertikal

Jika gemar memakai wallpaper, pilih yang menampilkan desain garis vertikal. Ini dapat membuat plafon kamar tidur terlihat lebih tinggi.

“Garis vertikal di dinding dapat membantu mengangkat mata, dan menciptakan ilusi ketinggian. Ini ideal untuk ruangan dengan plafon rendah,” jelas kepala desain di Kitesgrove, Clara Ewart.


Namun, kamu tidak perlu memasang wallpaper di seluruh ruangan. Kamu hanya perlu memasangnya di satu sisi saja selama mereka dapat menarik perhatianmu, seperti area sandaran tempat tidur.

Design Ambassador di Arteriors London yakni Laura Hadad mengatakan, salah satu trik paling umum untuk membuat ruangan terlihat lebih besar adalah dengan memanfaatkan ruang vertikal.

Adapun hal ini dilakukan guna menciptakan ilusi ketinggian, dalam hal ini plafon kamar tidur yang rendah.

“Di kamar tidur, pilih lampu meja samping tempat tidur untuk membingkai tempat tidur. Ini tidak hanya akan menarik perhatian pada ketinggian meja, juga akan menekankan vertikal di dalam ruangan,” tutur Hadad.

Jika skema kamar tidurmu gelap, pilih lampu berwarna putih dengan dasar yang terang atau metalik agar semakin terlihat menonjol.

4. Taruh tirai berukuran panjang

Tirai berukuran panjang memiliki fungsi yang sama dengan wallpaper garis vertikal dan lampu tinggi. Namun, pilih tirai bercorak atau yang warna-warni untuk menawarkan kontras yang lembut dengan dinding.

5. Fokuskan perhatian pada area bawah

Cara lainnya, tarik fokus orang-orang pada area bawah kamar tidur berplafon rendah. Kamu dapat gunakan seprai atau tempat duduk berpola yang diletakkan dekat dinding polos.

Dengan demikian, mata akan tertuju pada pola-pola ini dan memungkinkan bagian atas ruangan yang polos terasa lebih luas.

“Memakai pola pada karpet di bawah garis mata dapat membuat plafon terasa lebih tinggi, tanpa mengurangi dampak warna dan karakter dalam sebuah ruangna,” ucap desainer interior Penny Morrison.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/08/114100576/5-trik-membuat-plafon-kamar-tidur-terlihat-lebih-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke