Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Pakai Nasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih adalah salah hama yang kerap mengganggu tanaman. Kutu putih atau kutu kebul merupakan salah satu kutu yang termasuk dalam ordo Hemiptera, famili Aleyrodidae, dengan genus Bemisia, dengan species Tabaci.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (8/1/2022), kerusakan langsung pada tanaman disebabkan oleh imago dan nimfa yang mengisap cairan daun, berupa gejala becak nekrotik pada daun akibat rusaknya sel-sel dan jaringan daun.

Ekskresi kutu putih menghasilkan madu yang merupakan media yang baik untuk tempat tumbuhnya embun jelaga yang berwarna hitam. Hal ini menyebabkan proses fotosintesa tidak berlangsung normal.

Selain kerusakan langsung oleh isapan imago dan nimfa, kutu putih sangat berbahaya karena dapat bertindak sebagai vektor virus, yang dapat menyebabkan kehilangan hasil sekitar 20 hingga 100 persen.

Sampai saat ini tercatat 60 jenis virus yang ditularkan oleh kutu putih antara lain Geminivirus, Closterovirus, Nepovirus, Carlavirus, Potyvirus, Rod-shape DNA Virus.

Salah satu pestisida alami yang dapat digunakan untuk membasmi kutu putih pada tanaman adalah nasi. Berikut cara membasmi kutu putih dengan menggunakan pestisida yang terbuat dari nasi.

Masukkan nasi ke dalam botol air Masukkan seluruh nasi ke dalam botol air mineral yang telah disediakan.

Upayakan nasi yang dimasukkan mencapai hampir separuh ukuran botol air mineral.

Masukkan air ke dalam botol air mineral yang telah diisi nasi. Jangan isi air sampai memenuhi botol air mineral, sisakan ruang kosong beberapa centimeter agar dapat memberi ruang apabila nasi yang direndam menimbulkan gas.

Diamkan campuran air dan nasi di dalam botol. Tutup botol air minum yang diisi dengan air dan nasi lalu diamkan selama 5-7 hari.


Simpan botol di tempat yang teduh dan tidak terkena matahari langsung.

Buka tutup botol setiap hari. Upayakan membuka tutup botol air mineral setiap hari selama beberapa waktu untuk menghindari ledakan akibat penumpukan gas.

Saring nasi di botol air mineral. Setelah disimpan selama 5-7 hari, buka tutup botol dan tuangkan isi yang ada di dalamnya ke wadah yang lain.

Nasi yang disaring bisa dimanfaatkan lagi untuk membuat pestisida organik dengan melakukan metode yang dijelaskan di atas.

Masukkan air rendaman nasi ke botol semprot setelah disaring, Semprotkan pestisida organik ke tanaman yang terkena hama kutu putih secara menyeluruh.

Lakukan penyemprotan pestisida organik sekali dalam sehari. Penyemprotan pestisida organik perlu dilakukan selama beberapa hari ke depan, kira-kira sampai 5 hari.

Dalam beberapa hari, hama kutu putih akan terbasmi dan menghilang dari permukaan daun atau tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/08/231400576/cara-membasmi-kutu-putih-pada-tanaman-pakai-nasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke