Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ras Anjing Terbaik untuk Berburu

Selain menjadi teman berburu di alam liar, anjing pemburu dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang sangat baik.

Namun, dalam memilih anjing pemburu terbaik, penting memahami berbagai jenis perburuan karena setiap ras anjing pemburu memiliki jenis perburuan berbeda. 

Dilansir dari Pawmaw, Rabu (1/12/2021), anjing pemburu diklasifikasikan menjadi dua tipe dasar, yakni gun dogs (anjing pistol) dan scent hounds (anjing aroma).

Gun dogs digunakan untuk berburu burung dan hewan buruan kecil lainnya seperti kelinci. Dengan indra dan tubuh atletis yang dimiliki, gun dogs dapat mengejar dan menemukan buruannya. Anjing ini dapat mengambil buruan untuk pemiliknya. 

Sedangkan, scent hound membantu menemukan mangsa dengan indra penciumannya yang tajam. Ketika dilatih dengan benar, anjing jenis ini bisa sangat membantu pemburu. 

Beberapa scent hound dilatih untuk mengejar mangsa di pohon dan membuat pemburuannya terjebak di sana sampai pemiliknya anjing datang menangkapnya.

Anjing pemburu memiliki kekuatan berbeda, tetapi semuanya memiliki keterampilan yang menjadikannya teman berburu yang sangat baik, penggerak mangsa yang kuat, atletis, dan berstamina. Scent hound juga cerdas dan lebih mudah dilatih.

Nah, untuk mengetahui lebih dekat, berikut delapan ras anjing terbaik untuk berburu. 

English pointer

English pointer adalah jenis gun dog yang memiliki dorongan mangsa yang luar biasa, lincah, dan bertekad besar menemukan dan mengambil burung pegar, puyuh, dan burung buruan dataran tinggi.

Anjing English pointer memiliki tubuh yang dapat menahan cuaca panas dan lembap sehingga menjadikannya pilihan ideal sebagai teman berburu. 

Untuk berat, English pointer memiliki bobot tubuh rata-rata 23-33 kilogram dan harapan hidup 11-14 tahun. 

Labrador retriever dikenal lembut dan kesetiaannya yang ganas. Labrador retriever sebenarnya dianggap sebagai salah satu ras gun dog terbaik untuk berburu bebek.

Ras anjing dengan berat rata-rata 25-35 kilogram ini  juga perenang yang sangat baik dan dapat bertahan lama dalam suhu dingin. 

Chesapeake bay retriever

Chesapeake bay retriever dibiakkan secara eksklusif di Amerika Serikat. Ras anjing ini hampir selalu muncul setiap kali trah gun dog terbaik dibahas.

Sama dengan Labrador retriever, anjing ini dikenal tidak pernah lelah, energik, serta memiliki bulu dan fisik yang memungkinkannya bertahan lama pada air dingin.

Meski begitu,  Chesapeake bay retriever ini bisa menjadi anjing pendamping yang hebat di rumah. 

Golden retriever juga sangat cerdas dan mudah dilatih sehingga menjadi pilihan populer untuk anjing keluarga.

American foxhound

American foxhound adalah ras anjing pemburu yang sangat populer, terutama karena anjing ini dikenal sebagai anjing pilihan oleh mendiang George Washington, Presiden pertama Amerika Serikat. 

Memiliki indra penciuman yang tajam dan stamina tinggi, American foxhound awalnya dibiakkan untuk berburu rubah.

Namun, ras anjing ini diketahui bisa melacak dan mengejar rusa serta hewan buruan besar lainnya saat berburu.  

Beagle mempunya indera penciuman tajam sehingga membuatnya menjadi anjing pemburu yang kuat untuk melacak, mengusir, dan mengejar kelinci dengan mudah. 

Beagle yang sedang berburu akan menggonggong dan mengejar mangsanya tanpa henti sampai berhasil mendapatkannya. 

Bluetick coonhound

Bluetick coonhound dianggap sebagai ras anjing pemburu terbaik karena dikenal mampu melawan buruan paling berbahaya, termasuk singa gunung dan puma.

Bluetick Coonhound merupakan anjing pemburu yang dapat menangkap aroma apa pun dengan akurat dan presisi. 

English setter jenis anjing lapangan adalah pilihan terbaik untuk dibawa berburu. 

 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/01/202500976/8-ras-anjing-terbaik-untuk-berburu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke