Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Menghilangkan Noda Tinta pada Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat bekerja, tiba-tiba tanpa sengaja pakaian terkena noda tinta bolpoin. Akibatnya, meninggalkan bekas noda yang sulit dihilangkan jika hanya dicuci dengan detergen biasa.

Terlebih, bila warna baju terang, tentu noda tinta bolpoin tersebut akan terlihat menonjol dan mengganggu kebersihan pakasian saat dikenakan. Namun, hal ini tak akan menjadi masalah jika dicuci dan ditangani dengan metode tepat.

Melansir dari The Spurce, Rabu (28/07/2021), berikut ini cara menghilangkan noda tinta pada pakaian.

Bahan dan alat

  • Spiritus
  • Detergen cair
  • Handuk bersih

Tes bahan pada baju

Ambil handuk dan letakkan di atas area baju yang terkena noda tinta, lalu gosokkan spiritus pada lapisan baju. Jika baju tidak rusak, bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya.

Bersihkan noda dengan spiritus

Gunakan handuk atau kain bersih untuk menghilangkan noda dengan mencampurkannya menggunakan spiritus. Ini akan mengencerkan noda dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan saat dicuci.

Handuk di bawahnya dapat menjadi basah dan berubah warna karena tinta yang mencair. jika ini terjadi, pindahkan pakaian ke bagian handuk yang bersih dan kering untuk mencegah area menyerap kembali tinta yang dikeluarkan.

Lanjutkan proses ini sampai tidak ada lagi noda tinta yang tersisa. Bilas area yang bernoda dengan air sampai spiritus sampai menghilang. Selanjutnya, oleskan deterhen cair ke area yang terkena noda dan diamkan selama tiga sampai lima menit.

Cuci seperti biasa

Jika noda sudah hilang, cuci pakaian dengan air panas agar lebih efektif. Bila noda belum hilang, campur larutan pemutih berbasis oksigen dan air dingin.

Ikuti petunjuk yang tertera dan rendam pakaian selama delapan jam. Apabila belum hilang juga, ulangi cara ini hingga noda hilang. Kini, pakaian kamu sudah bersih kembali.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/28/183000976/trik-menghilangkan-noda-tinta-pada-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke