Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing yang Butuh Banyak Waktu Olahraga

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang membutuhkan latihan fisik setiap hari, misalnya dengan berjalan kaki setiap hari. Ini adalah kesempatan sempurna untuk anjing menjelajah, bertemu sesama anjing, dan tetap bugar serta sehat.

Seperti manusia, olahraga teratur dapat mencegah obesitas dan menghilangkan stres dan ketegangan pada anjing. Namun demikian, jumlah pasti latihan yang dibutuhkan tergantung pada jenis, usia, kesehatan, dan kepribadian anjing.

Dilansir dari Newsweek, Senin (12/7/2021), menurut American Kennel Club (AKC), aturan praktis yang umum adalah bahwa anjing membutuhkan antara 30 menit hingga dua jam olahraga sehari.

Adapun ras anjing dengan ukuran tubuh yang lebih kecil, seperti Bichon dan Maltese, mungkin cukup dengan berjalan lebih singkat. Namun, anjing yang lebih besar akan membutuhkan banyak waktu untuk berolahraga.

Berikut ini beberapa ras anjing yang membutuhkan banyak olahraga.

1. English Springer Spaniel

Sesuai dengan namanya, Springer Spaniel sangat lincah dan penuh semangat. Jika ekor mereka yang bergoyang-goyang dengan penuh semangat adalah sesuatu yang bisa dilakukan, anjing-anjing ini membutuhkan banyak olahraga.

Setidaknya dua jam sehari dianjurkan ketika anjing ini mencapai usia dewasa, yaitu sekitar 18 bulan untuk sebagian besar anjing ras ini.

Terkenal karena kelincahannya, aktivitas menyenangkan seperti berjalan melewati terowongan dan lompat dapat digunakan untuk dipadukan dengan jalan kaki sehari-hari.

2. Dalmatian

Pelatih anjing merekomendasikan ras anung ini berolahraga dua jam latihan sehari. Dalmatian dulunya dikenal sebagai "anjing kereta", karena berlari bersama kereta selama berabad-abad.


3. Golden Retriever

Dibesarkan untuk mengumpulkan unggas air yang ditembak, seperti bebek dan burung buruan, ras anjing ini sering patuh dengan energi tak terbatas.

Sebagai pecinta air alami, Golden Retriever memanfaatkan jalan-jalan dk sungai, kolam, atau pantai yang menyegarkan di sepanjang jalan.

4. German Shepherd

Taat, cerdas dan kuat, ada alasan mengapa anjing ini biasa digunakan di pasukan militer dan polisi. Tidak cocok untuk kehidupan apartemen, German Shepherd harus keluar dan sekitar dan tetap sibuk.

Mereka membutuhkan setidaknya dua jam olahraga sehari, meskipun tentu saja, ini bervariasi untuk anak anjing dan anjing senior.

5. Boxer

Kecil tapi perkasa, Boxer akan membutuhkan setidaknya dua jam olahraga sehari untuk tetap terhibur. Karena keaktifannya, rumah bisa menjadi tempat yang kacau dengan Boxer di sekitarnya.

Dulunya adalah anjing pekerja, Boxers mendapat manfaat dari jalan-jalan dengan banyak hal untuk diendus dan ditemukan, ditambah banyak waktu bermain di rumah.

6. Alaskan Malamute

Sebagai ras yang nenek moyangnya melintasi jembatan darat dari Siberia ke Alaska ribuan tahun yang lalu, Alaskan Malamute dipersiapkan untuk perjalanan panjang.

Awalnya dibiakkan untuk daya tahan dan kekuatan saat menarik kereta luncur Arktik, masuk akal bahwa anjing-anjing ini membutuhkan banyak olahraga.

Alaskan Malamute jantan dewasa dapat menarik beban berat, tergantung pada bentuk dan latihannya, jadi sangat penting untuk menemukan pola latihan yang membakar banyak energi.

7. Border Collie

Karena latar belakang mereka sebagai anjing pekerja, Border Collie membutuhkan banyak aktivitas fisik. Untuk melepaskan semua energi yang terpendam ini, yang pernah digunakan untuk menggembalakan domba, diperlukan minimal 90 menit latihan sehari.


Saat ini, karena sebagian besar Border Collie dipelihara sebagai hewan peliharaan keluarga daripada bekerja di peternakan, berjalan kaki setiap hari sudah cukup.

8. Weimaraner

Dua jam untuk berlarian adalah waktu minimum yang dibutuhkan anjing aktif ini per hari. Anjing ini awalnya dibiakkan untuk berburu hewan buruan besar seperti beruang dan rusa.

Anjing ini pun pernah dijuluki "Grey Ghosts" karena mantel keperakan dan gaya berburunya yang tersembunyi. Oleh karena itu, Weimaraner sangat alami dalam permainan lempar tangkap.

9. Labrador Retriever

Anjing favorit keluarga ini membutuhkan sekitar dua jam olahraga sehari. Itu ada dalam gen mereka, karena Labrador awalnya dibiakkan untuk mengambil hewan buruan bagi para pemburu.

Pekerjaan yang menuntut fisik seperti itu dapat melibatkan berenang, berlari, dan mendak, yakni aktivitas yang masih disukai Labrador hingga saat ini.

10. Siberian Husky

Siberian Husky adalah anjing berenergi tinggi yang membutuhkan lebih dari dua jam latihan sehari untuk membuat mereka lelah.

Agar anjing ini tetap terstimulasi secara mental, rute jalan kaki harus bervariasi, dan idealnya, pemilik harus memberikan waktu bagi mereka untuk bermain.

Husky dibiakkan untuk menarik kereta, tetapi tanpa kereta luncur yang besar dan kuat, pemilik mungkin perlu melatih anjing mereka keluar dari perilaku ini. Harness adalah salah satu trik untuk mengurangi tarikan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/12/185514076/10-ras-anjing-yang-butuh-banyak-waktu-olahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke