Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Bocah 4 Tahun Berhasil Telepon Ambulan dan Selamatkan Nyawa Ibunya

Kompas.com - 06/09/2022, 17:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

LAUNCESTON, KOMPAS.com - Seorang anak laki-laki Australia berusia empat tahun telah membantu menyelamatkan nyawa ibunya dari keadaan darurat medis dengan memanggil ambulans - hanya sehari setelah diajarkan ibunya.

Monty Cocker berhasil menelepon nomor darurat nasional - 000 - pada 27 Agustus, memberi tahu operator: "Mummy jatuh."

Bocah 4 tahun itu kemudian berhasil memberikan informasi alamat rumahnya, yang membantu petugas untuk segera datang ke lokasi. 

"Ketika kami sampai ke alamatnya, dia berada di jendela ... melambai kepada kami," kata paramedis Mark Small sebagaimana dilansir BBC pada Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Bocah 4 Tahun di Texas Bawa Pistol Berpeluru Penuh ke Sekolah

Di dalam rumah, Monty dengan tenang membantu kru ambulans dan memberitahu mereka bahwa ibunya, Wendy, menderita kejang.

Smalls mengatakan pemikirannya yang cepat membuat perbedaan besar dalam upaya penanganan ibunya.

"Terutama jika kepala Anda terbentur saat jatuh, atau Anda mengalami kejang berkepanjangan, itu bisa sangat serius," kata perawat itu.

Paramedis kembali ke rumah di Launceston, Tasmania, pada Selasa (6/9/2022) untuk memberikan sertifikat penghargaan kepada Monty.

Cocker, yang adalah seorang perawat, mengatakan kepada wartawan bahwa Monty tahu dia telah melakukan hal yang baik tetapi meremehkan perannya.

Bocah empat tahun itu memberi tahu teman-teman di penitipan anak bahwa apa yang dilakukannya itu "mudah".

"Neneknya datang dan berkata: 'Di mana pahlawan supernya?' Dan dia berkata: 'Oh tidak, saya bukan pahlawan super. Saya hanya seorang pahlawan.'"

Baca juga: Alat Bantu Hidup Dicabut, Bocah 12 Tahun Korban Blackout Challenge Ini Meninggal

Sore sebelum kejadian, Cocker telah menjelaskan kepada Monty bagaimana memanggil ambulans dari telepon yang terkunci atau tidak terkunci.

Wanita itu tidak menyangka bahwa putranya itu harus menggunakan pengetahuan baru tersebut dengan begitu cepat.

Selama ini, dia memberikan pembatasan gadget untuk anaknya, dan tetap menjaga telephonnya genggamnya dalam keadaan terkunci.

Pada hari kejadian, wanita hanya ingat bahwa dia merasa tidak enak badan dan mencoba menelpon suaminya, tapi tidak ingat apa-apa lagi.

"Saya datang dan itu semua terjadi, ambulans ada di sana. (Saya) sangat bangga padanya ... dia jelas menyelamatkan hari itu," kata Smalls.

"Saya telah menjadi paramedis selama 13 tahun, dan saya memiliki anak-anak yang lebih tua memanggil ambulans, tetapi tidak pernah, tidak pernah, tidak pernah (berhadapan dengan) anak berusia empat tahun," pungkas paramedis itu.

Baca juga: Alat Bantu Hidup Dicabut, Bocah 12 Tahun Korban Blackout Challenge Ini Meninggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com