Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

American Airlines Batalkan 1.200 Penerbangan karena Kekurangan Staf

Kompas.com - 31/10/2021, 18:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - American Airlines akhir pekan ini harus membatalkan sekitar 1.200 penerbangan, karena kekurangan staf yang dipicu oleh gangguan terkait cuaca, menurut data FlightAware pada Sabtu (30/10/2021).

FlightAware yang melacak penundaan dan pembatalan penerbangan di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, American Airlines membatalkan lebih dari 800 penerbangan pada Jumat (29/10/2021) dan Sabtu (30/10/2021), lalu diperkirakan lebih dari 400 pembatalan pada Minggu (31/10/2021).

CEO American Airlines David Seymour mengatakan dalam memo kepada staf pada Sabtu, kesulitan dimulai sejak Kamis (28/10/2021) akibat badai angin kencang yang menghambat kapasitas di hub perusahaan di Dallas, dan menunda penempatan staf untuk penerbangan yang akan datang.

Baca juga: American Airlines Bersiap Pangkas 19.000 Karyawannya

Bos American Airlines itu melanjutkan, dengan tambahan masalah cuaca, staf "mulai kehabisan karena para awak keluar dari urutan penerbangan reguler mereka," dikutip dari AFP.

Dia pun berharap bahwa operasional akan segera pulih dengan dimulainya bulan baru.

Seymour juga mengumumkan kembalinya 1.800 staf penerbangan yang telah siaga sejak pandemi dan mempekerjakan 600 lainnya pada akhir Desember, serta 4.000 karyawan bandara.

Sebagian besar penumpang yang terkena dampak pembatalan dapat memesan ulang di hari yang sama, kata American Airlines yang mengoperasikan 6.700 penerbangan setiap hari di seluruh dunia ke 350 tujuan di 50 negara.

American Airlines bukanlah maskapai pertama yang mengalami kekurangan staf karena permintaan perjalanan meningkat, dampak dari vaksinasi dan pencabutan pembatasan.

Pekan lalu Southwest Airlines harus membatalkan lebih dari 2.000 penerbangan yang membuat rugi 75 juta dollar AS (Rp 1 triliun).

Masalah dipicu pada Jumat sore oleh cuaca buruk dan kurangnya pengontrol lalu lintas udara sementara di satu wilayah Florida.

Situasi diperburuk oleh jumlah staf yang terbatas kemudian semakin sedikit selama beberapa hari.

Baca juga: Limbah Kotoran Manusia Jatuh dari Atas Pesawat Guyur Warga dan Kebunnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com