Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Lampu Lalin Unta | Thailand Sita 1 Ton Meth Kristal

Di bawahnya, ada berita manusia pertama penerima transplantasi ginjal babi telah meninggal.

Sementara itu, otoritas Thailand menyita satu ton metamfetamin kristal dan di gurun China ada lampu lalu lintas khusus untuk unta.

Berikut adalah rangkuman artikel-artikel Populer Global sepanjang Senin (13/5/2024) hingga Selasa (14/5/2024) pagi.

1. Apartemen di Rusia Runtuh Kena Rudal Ukraina, 15 Tewas

Sebuah apartemen Rusia runtuh terkena rudal Ukraina pada Minggu (12/5/2024). Akibatnya, sedikitnya 15 orang tewas.

Serangan rudal itu menjadi salah satu serangan mematikan dari Ukraina di wilayah Belgorod. Menurut pejabat Rusia, serangan itu melibatkan rudal balistik Tochka dan sistem peluncuran roket ganda Adler dan RM-70 Vampire (MLRS).

Kementerian Darurat Rusia mengatakan pada Senin (13/5/2024) pagi bahwa 15 orang tewas ketika bangunan itu runtuh.

Baca selengkapnya di sini.

2. Manusia Pertama Penerima Transplantasi Ginjal Babi, Meninggal

Rick Slayman (62), manusia pertama penerima transplantasi ginjal babi, meninggal.

Hal itu diungkapkan dalam pernyataan Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston Amerika Serikat.

Sebelumnya, Slayman menderita gagal ginjal stadium akhir dan menerima ginjal baru dari babi hasil rekayasa genetika pada Maret 2024.

Baca selengkapnya di sini.

3. Thailand Sita 1 Ton Metamfetamin Kristal, Salah Satu Penyitaan Narkoba Terbesar

Otoritas Thailand pada Minggu (12/5/2024) mengumumkan, telah menyita satu ton metamfetamin kristial, menjadikannya salah satu penyitaan narkoba terbesar di negara kerajaan tersebut.

Hasil tangkapan senilai kira-kira lebih dari 25 juta dollar AS (Rp 402 miliar) di pasar internasional itu ditemukan ketika petugas mencegat truk pikap di Provinsi Nakhon Nayok pada Jumat (10/5/2024).

Plt Kepala Kepolisian Nasional Thailand Kittharath Punpetch mengatakan, polisi, militer, dan pejabat setempat memantau beberapa geng penyelundup dan mengetahui rencana pengiriman sejumlah besar metamfetamin kristal, yang umumnya dikenal dengan nama jalanan ice.

Baca selengkapnya di sini.

4. Di Tengah Gurun Pasir Ada Lampu Lalin Khusus Unta

Kini, menunggang unta jadi hobi yang popular di tempat pemandangan Gunung Mingsha dan Mata Air Bulan Sabit di Gurun Kumtag China pada Mei.

Oleh karena terlalu ramai, maka pemerintah setempat menggunakan lampu lalu lintas khusus unta untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Jadi, di gurun pasir tersebut ada lampu lalu lintas yang berfungsi, serta dapat ditemukan beberapa di antaranya di bukit pasir di Taman Alam Gunung Mingsha dan Danau Bulan Sabit, di Provinsi Gansu, China barat laut.

Baca selengkapnya di sini.

5. Menlu Inggris Punya Pandangan Lain terkait Embargo Senjata ke Israel

Pasukan Israel menyerang wilayah selatan Gaza yakni Kota Rafah. Akibatnya, Amerika Srikat menghentikan sementara pasokan senjata ke Israel.

Tetapi, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan bahwa jika Inggris juga embargo senjata ke Israel, maka justru dapat memperkuat kelompok Hamas.

"Embargo senjata Israel bukanlah jalan yang bijaksana dan Inggris serta Amerika berada dalam situasi yang sangat berbeda," kata Cameron kepada Sunday Morning With Trevor Phillips Show.

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2024/05/14/064152070/populer-global-lampu-lalin-unta-thailand-sita-1-ton-meth-kristal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke