Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-807 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Angkat Lagi Mikhail Mishustin | AS Pasok Ukraina Rp 6,4 Triliun

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-807 pada Jumat (10/5/2024).

Ini termasuk, Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin diangkat kembali sebagai kepala pemerintahan negara itu.

Sementara itu, Amerika Serikat mengumumkan paket bantuan militer baru senilai 400 juta dollar AS (sekitar Rp 6,4 triliun) untuk Kyiv ketika Rusia melancarkan serangan darat di timur laut Ukraina.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-807 yang dapat Anda simak:

Utusan China gelar pembicaraan soal perang Ukraina di Timur Tengah

Kementerian Luar Negeri China pada Jumat mengatakan, utusannya untuk Eurasia telah menyelesaikan putaran ketiga diplomasi mengenai perang di Ukraina.

China, yang mengaku sebagai pihak netral di Ukraina, tidak pernah mengutuk invasi Rusia, sementara Amerika Serikat mengatakan Moskwa akan berjuang untuk mempertahankan perangnya tanpa dukungan Beijing.

Selama kunjungannya pada 3-9 Mei, Utusan Li Hui disebut telah bertemu dengan diplomat di Turkiye, Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Di situ, Li Hui menyerukan semua pihak untuk menciptakan kondisi untuk mendorong dimulainya kembali dialog langsung.

Awal tahun ini, ia mengunjungi Rusia, Ukraina , dan negara-negara Uni Eropa sebagai bagian dari upaya Beijing untuk menengahi konflik tersebut.

“China melakukan pertukaran pandangan mendalam dengan semua pihak mengenai krisis Ukraina, dan semua pihak sepakat dengan usulan China dalam menyerukan agar situasi menjadi lebih tenang,” ungkap Kementerian Luar Negeri China mengenai kunjungan terakhirnya, dikutip dari AFP.

Rusia lancarkan serangan ke wilayah Kharkiv

Kementerian Pertahanan Ukraina pada Jumat mengumumkan, Rusia telah melancarkan serangan darat lintas batas ke wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina dan pertempuran di sana masih berlangsung.

Ukraina memukul mundur pasukan Rusia dari sebagian besar wilayah Kharkiv pada akhir tahun 2022, tetapi Moskwa kini kembali melakukan serangan di sana ketika pasukan Kyiv berjuang mengatasi kekurangan amunisi.

“Sekitar pukul 05.00 pagi (02.00 GMT), musuh berusaha menerobos garis pertahanan kami di bawah perlindungan kendaraan lapis baja,” kata Kementerian Pertahanan Ukraina.

Dikatakan bahwa, pihaknya telah berhasil menghalau serangan Rusia, namun “pertempuran dengan intensitas yang berbeda-beda” masih terus berlangsung dan Rusia telah melancarkan serangan udara ke daerah dekat perbatasan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan "pertempuran sengit" sedang berlangsung di wilayah Kharkiv di timur laut negaranya setelah Moskwa melancarkan serangan baru yang mengejutkan di sana pada Jumat pagi.

"Rusia meluncurkan gelombang baru aksi serangan balik di wilayah ini. Ukraina menghadapi mereka di sana dengan pasukan, brigade, dan artileri kami... Sekarang ada pertempuran sengit yang sedang berlangsung ke arah ini," kata Zelensky dalam konferensi pers di Kyiv.

Putin angkat kembali Mikhail Mishustin

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin diangkat kembali sebagai kepala pemerintahan negara itu pada Jumat, menyusul spekulasi selama berminggu-minggu mengenai kemungkinan perombakan politik di Moskwa.

Presiden Vladimir Putin secara konstitusional diwajibkan untuk menunjuk atau mengangkat kembali menteri-menteri pemerintahannya setelah kemenangan dalam pemilu bulan Maret tanpa adanya oposisi.

“Banyak hal telah dilakukan dalam kondisi yang sulit, dan menurut saya, adalah hal yang tepat bagi kita untuk terus bekerja sama…,” kata Putin kepada Mishustin pada Jumat pagi.

"Saya pikir kita berada di jalur yang benar," tambahnya, dikutip dari Kantor berita Rusia, TASS.

Anggota parlemen Rusia kemudian menyetujui pengangkatan kembali Mikhail Mishustin sebagai PM Rusia melalui pemungutan suara.

Menteri Ukraina yang dituduh korupsi resmi mengundurkan diri

Menteri Pertanian Ukraina, Mykola Solsky, secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya pada Jumat, setelah ia ditetapkan sebagai tersangka dalam penyelidikan korupsi bernilai jutaan dolar.

Mykola Solsky menawarkan diri untuk mundur pada bulan April di tengah tuduhan bahwa ia menyita tanah senilai lebih dari 7 juta dollar AS saat bekerja sebagai kepala sebuah perusahaan pertanian besar.

“Parlemen Ukraina telah menerima pengunduran diri Mykola Solsky, Menteri Pangan dan Pertanian Ukraina,” kata Kementerian Pertanian Ukraina.

Kanada tambah dana untuk pengadaan alat pertahanan udara Ukraina

Menteri Pertahanan Kanada pada Jumat mengumumkan 76 juta dollar Kanada untuk peningkatan pengadaan peralatan pertahanan udara Jerman bagi Ukraina.

“Investasi ini akan membantu Ukraina mempertahankan diri terhadap serangan brutal yang telah menghancurkan rumah sakit, pembangkit listrik dan blok apartemen serta telah membunuh ribuan warga Ukraina yang tidak bersalah,” kata Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair  pada konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorious.

Pistorious menyampaikan, sistem pertahanan udara Iris-T akan dikirim ke Kyiv dalam beberapa minggu mendatang.

"Kami tidak punya waktu untuk menyia-nyiakannya," ucapnya.

AS ragukan Rusia akan buat kemajuan besar

Amerika Serikat pada Jumat mengatakan pihaknya memperkirakan Rusia akan mengintensifkan serangan baru di Ukraina, namun menyatakan keyakinannya terhadap Kyiv dan meragukan Moskwa akan membuat kemajuan besar.

“Ada kemungkinan bahwa Rusia akan membuat kemajuan lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang, namun kami tidak mengantisipasi adanya terobosan besar, dan seiring berjalannya waktu, masuknya bantuan AS akan memungkinkan Ukraina untuk menahan serangan-serangan ini selama tahun 2024,” ungkap Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby kepada wartawan.

“Rusia kemungkinan akan meningkatkan intensitas tembakan dan mengerahkan pasukan tambahan dalam upaya membangun zona penyangga dangkal di sepanjang perbatasan Ukraina,” katanya. 

“Kami yakin dengan (pasukan) Ukraina dan kami bekerja sepanjang waktu untuk menyediakan peralatan, peralatan, dan senjata yang mereka perlukan untuk mempertahankan diri dari serangan-serangan ini,” katanya.

AS beri Ukraina Rp 6,4 triliun bantuan militer baru

Amerika Serikat pada Jumat mengumumkan paket bantuan militer baru senilai 400 juta dollar AS (sekitar Rp 6,4 triliun) untuk Kyiv ketika Rusia melancarkan serangan darat di timur laut Ukraina.

Ini adalah paket ketiga untuk Ukraina dalam waktu kurang dari tiga minggu.

Sebelumnya, AS telah memberikan dua paket bantuan bernilai total 7 miliar dollar AS pada akhir April.

Dalam memo yang dirilis oleh Gedung Putih kali ini, Presiden Joe Biden mengizinkan penyediaan barang dan jasa pertahanan Departemen Pertahanan hingga 400 juta, serta pendidikan dan pelatihan militer untuk membantu Ukraina.

https://www.kompas.com/global/read/2024/05/11/090522170/rangkuman-hari-ke-807-serangan-rusia-ke-ukraina-putin-angkat-lagimikhail

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke