Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Jerman Kirim Tank Leopard 2 ke Ukraina | Temuan Baru Jatuhnya Pesawat MH17

Selain dari situasi perang, ada pula kabar lain dari wilayah yang sama, namun dalam peristiwa berbeda. Kabar tentang temuan baru dalam insiden jatuhnya MH17 di Ukraina 2014 lalu juga tak kalah menarik.

Selengkapnya bisa Anda simak dalam rangkuman singkat di bawah ini.

1. Rangkuman Hari Ke-336 Serangan Rusia ke Ukraina: Tank Leopard 2 Dikirim | Kyiv Kalah di Bakhmut

Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-336 pada Rabu (25/1/2023), yang ditandai dengan izin Jerman untuk mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina.

Sementara itu, pasukan Ukraina kalah jumlah dan persenjataan di Bakhmut yang membuat tentara Rusia bersama Grup Wagner dapat merangsek maju.

Baca selengkapnya di sini

2. Rusia Berencana Kirim Tank T-14 Armata ke Ukraina, tapi Ditolak Pasukannya Sendiri

Rusia dikabarkan sedang menyiapkan sejumlah tank T-14 Armata dalam jumlah kecil untuk dikerahkan dalam perang di Ukraina.

Kabar tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan informasi intelijen melalui Twitter pada Rabu (26/1/2023).

Jika benar-benar teralisasi, itu akan menjadi debut bagi T-14 Armata di medan perang Ukraina

Baca selengkapnya di sini

3. Temuan Baru Jatuhnya Pesawat MH17 Akan Diungkap pada Februari

Penyelidik internasional yaitu Tim Investigasi Gabungan (JIT) mengatakan, mereka akan mengungkap temuan baru dari penyelidikan terhadap pihak lain yang terlibat dalam jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 pada 8 Februari 2023.

Temuan ini diharapkan dapat menemukan siapa yang benar-benar menembakkan rudal yang menembak jatuh MH17 di Ukraina timur pada 2014, dan siapa yang awalnya memasok proyektil buatan Rusia tersebut.

Sebanyak tiga orang--dua warga Rusia dan satu orang Ukraina--dijatuhi hukuman seumur hidup melalui pengadilan in absentia pengadilan Belanda pada November 2022, tetapi belum diketahui siapa yang menembakkan pelatuknya. Mereka hanya membantu membawa rudal ke Ukraina

Baca selengkapnya di sini

4. AS Akan Kirim 31 Tank Abrams ke Ukraina, Menyusul Kiriman Tank Leopard 2 Jerman

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Rabu (25/1/2023) mengumumkan, AS akan mengirim 31 unit tank tempur M1 Abrams ke Ukraina.

Keputusan ini membalikkan argumen selama berbulan-bulan bahwa tank Abrams terlalu sulit untuk dioperasikan dan dirawat oleh pasukan Ukraina.

Keputusan AS datang setelah Jerman mengizinkan pengiriman 14 unit tank Leopard 2 A6 dari stoknya sendiri.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/27/060025670/populer-global-jerman-kirim-tank-leopard-2-ke-ukraina-temuan-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke