Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 PM Inggris Mundur Digulingkan Partai Konservatif-nya Sendiri, Termasuk Liz Truss

Sebelum Liz Truss sebagai PM Inggris mengundurkan diri pada Kamis (20/10/2022), sudah ada dua perdana menteri yang mengalami nasib serupa, termasuk Boris Johnson yang digantikan perempuan berusia 47 tahun tersebut.

Selain itu, ada dua ketua Partai Konservatif yang juga digulingkan oleh para anggota partai itu sendiri saat negara dipimpin Partai Buruh. Di Inggris, ketua dari partai yang berkuasa otomatis menjadi perdana menteri.

Liz Truss didesak mundur setelah kebijakan pemotongan pajaknya memicu reaksi keras dan menyebabkan kehancuran pasar di tengah lonjakan biaya hidup.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah empat ketua Partai Konservatif yang digulingkan partainya sendiri, sebelum Liz Truss.

Dia sempat bersumpah untuk berjuang usai memenangi putaran pertama pemilihan dengan tipis, tetapi kemudian mendapati posisinya tidak dapat dipertahankan.

Meskipun Margaret Thatcher memenangi masa jabatan ketiga dengan telak pada 1987, kebijakan pajak universal darinya yang harus dibayar setiap orang dewasa berapa pun pendapatannya disambut dengan tentangan keras.

Dia juga menghadapi perlawanan kuat dari dalam kabinetnya karena berjuang keras menjalin hubungan lebih dekat dengan Eropa.

Sekutu dekatnya yaitu Geoffrey Howe mengundurkan diri dari kabinet dan melancarkan serangan keras terhadap kebijakan Eropa-nya di parlemen.

Hal itu membuat mantan menteri pertahanan dan lingkungan Michael Heseltine maju mencalonkan diri, tetapi yang kemudian terpilih adalah John Major sebagai perdana menteri baru.

2. Iain Duncan Smith

Duncan Smith memenangi pemilihan ketua Partai Konservatif pada 2001, menggantikan William Hague setelah partai tersebut kalah lagi dari Partai Buruh.

Kemenangannya yang mengejutkan dibantu oleh Margaret Thatcher dan para loyalisnya di parlemen.

Namun, Duncan Smith kesulitan melawan perdana menteri karismatik dari Partai Buruh, Tony Blair.

Pada Oktober 2003, kesabaran Partai Konservatif habis atas ketidakmampuan Duncan Smith membuat kemajuan melawan Blair, meskipun sedang ada penentangan publik yang besar terhadap keterlibatan Inggris dalam perang di Irak.

Dia kalah dalam mosi tidak percaya, menjadi ketua Partai Konservatif Inggris pertama yang tidak bertarung dalam pemilihan umum sejak Neville Chamberlain, yang dituduh memenuhi tuntutan Adolf Hitler pada akhir 1930-an.

Theresa May langsung menegosiasikan persyaratan Inggris keluar dari Uni Eropa, tetapi upayanya mengajukan pelunakan Brexit ditolak oleh pendukung garis keras Brexit di Partai Konservatif.

May lalu mengadakan pemilihan umum cepat pada Juni 2017 dengan harapan memperkuat posisinya melawan pemberontak Brexit dan Partai Buruh.

Pertaruhan ini terbukti salah, karena Partai Buruh di bawah pemimpin sayap kiri Jeremy Corbyn membuat terobosan kuat.

Theresa May selamat dari mosi tidak percaya yang diserukan oleh pemberontak Konservatif pada Desember 2018, tetapi setelah kesepakatan Brexit-nya ditolak di House of Commons untuk kali keempat termasuk oleh puluhan pemberontak Konservatif, kepemimpinannya melemah secara fatal.

Dia mengumumkan mundur pada Mei 2019, memicu kontestasi kepemimpinan yang membawa Boris Johnson ke tampuk kekuasaan dua bulan kemudian.

Boris masih menjabat di Downing Street Nomor 10 sampai 6 September 2022 sampai Liz Truss menggantikannya.

Kepergiannya terjadi setelah banyak pejabat tinggi mengundurkan diri dari kabinetnya akibat serentetan skandal, termasuk pesta-pesta yang melanggar lockdown di Downing Street sehingga membuatnya didenda polisi.

Pada 2019, Boris Johnson yang merupakan pendukung keras Brexit memenangi mayoritas parlemen Partai Konservatif terbesar sejak era Margaret Thatcher, memungkinkan dia untuk menyelesaikan problematika Inggris keluar dari Uni Eropa.

Akan tetapi, gaya kepimimpinannya yang melanggar aturan sendiri membuatnya kehilangan dukungan Partai Konservatif, sehingga peristiwa PM Inggris mundur digulingkan partainya sendiri terjadi lagi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/21/163100570/3-pm-inggris-mundur-digulingkan-partai-konservatif-nya-sendiri-termasuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke