Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tangki BBM Meledak di Sierra Leone, Korban Tewas Bertambah Jadi 98

Angka terbaru itu diumumkan Badan Penanggulangan Bencana Sierra Leone, negara yang terletak di Afrika Barat, pada Sabtu (6/11/2021).

Ledakan terjadi akibat sebuah truk tangki BBM bertabrakan dengan truk lain di pom bensin pada Jumat malam (5/11/2021), menurut saksi mata.

Api kemudian menjalar, membakar orang-orang di dalam mobil dan di jalan-jalan terdekat.

Mayoritas korban adalah pedagang kaki lima dan pengendara sepeda motor.

Banyak di antaranya terjebak dalam kobaran api saat mencoba menampung bahan bakar yang bocor dari tanker sebelum terbakar, menurut relawan bernama Jusu Jacka Yorma yang berada di lokasi kejadian, dikutip dari AFP.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menambahkan, "92 orang yang selamat saat ini dirawat di berbagai rumah sakit di Freetown".

Seorang perawat di rumah sakit tempat para korban dirawat mengatakan kepada AFP, banyak perempuan, pria, dan anak-anak mengalami luka serius.

Adapun operasi penyelamatan masih berlanjut di bawah pengawasan polisi pada Sabtu.

Wali Kota Freetown, Yvonne Aki-Sawyerr, belum bisa memastikan berapa kerugian akibat insiden tangki BBM meledak ini.

"Tingkat kerusakan properti belum diketahui," katanya, seraya menambahkan bahwa dia tidak bisa mengunjungi tempat kejadian karena bepergian ke luar negeri.

Meskipun kaya akan berlian, Sierra Leone tetap merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Ekonominya hancur akibat perang saudara 1991-2002 yang menewaskan 120.000 orang.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/07/194237270/tangki-bbm-meledak-di-sierra-leone-korban-tewas-bertambah-jadi-98

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke