Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bill Richardson, Juru Runding Ternama AS, Tiba di Myanmar dan Dijadwalkan Bertemu Junta

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan diplomat Amerika Serikat (AS) dan perunding sandera Bill Richardson tiba di Myanmar dalam "misi kemanusiaan pribadi", kata organisasinya, ketika negara itu memasuki sembilan bulan di bawah junta yang telah menahan seorang jurnalis AS.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta Februari yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

Tidak dapat memadamkan perbedaan pendapat, militer Myanmar meluncurkan tindakan keras berdarah yang telah menewaskan lebih dari 1.200 orang, menurut kelompok pemantau lokal.

Mantan duta besar PBB Richardson akan "membahas... pengiriman bantuan kemanusiaan vaksin Covid-19, pasokan medis, dan kebutuhan kesehatan masyarakat lainnya," kata organisasinya, Richardson Center, dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan kepergiannya pada Minggu (31/10/2021) melansir AFP.

Pernyataan itu tidak menyebutkan apakah Richardson akan mengangkat kasus jurnalis Amerika Danny Fenster. Dia ditahan pada Mei dan sejak itu dituduh mendorong perbedaan pendapat terhadap militer Myanmar dan terlibat asosiasi yang melanggar hukum.

Redaktur pelaksana outlet berita lokal Frontier Myanmar, Fenster ditahan di Bandara Internasional Yangon saat ia berusaha meninggalkan negara itu.

Dia saat ini diadili dan menghadapi enam tahun penjara jika terbukti bersalah atas kedua tuduhan tersebut.

Media lokal Myanmar Now melaporkan bahwa Richardson dijadwalkan bertemu dengan pemimpin junta dan pejabat senior lainnya.

AFP telah menghubungi juru bicara militer untuk memberikan komentar.

Richardson, mantan gubernur New Mexico, telah merundingkan "pembebasan sandera dan prajurit Amerika di Korea Utara, Kuba, Irak dan Sudan," menurut situs web pusatnya.

Kunjungan terakhirnya ke Myanmar adalah pada 2018, sebagai bagian dari panel yang dibuat untuk memberi nasihat tentang kekerasan di Negara Bagian Rakhine. Di sana, militer Myanmar pada 2017 melakukan penumpasan warga, yang memicu eksodus lebih dari 700.000 Muslim Rohingya tanpa kewarganegaraan.

Tapi dia tiba-tiba mengundurkan diri setelah perjalanan tersebut, dan menuduh Aung Suu Kyi kurang memiliki "moral pemimpin" terkait krisis tersebut.

Richardson juga mengatakan dia mengundurkan diri karena khawatir komite akan "menghapus" penyebab krisis Rohingya, di mana Myanmar sekarang sedang diselidiki atas tuduhan genosida.

Jenderal Senior Min Aung Hlaing, sekarang kepala junta, adalah kepala angkatan bersenjata militer Myanmar selama represi pada 2017.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/02/160547170/bill-richardson-juru-runding-ternama-as-tiba-di-myanmar-dan-dijadwalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke