Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Houthi Gempur Pangkalan Pasukan Koalisi, 30 Orang Tewas

SANAA, KOMPAS.com – Pemberontak Houthi melancarkan serangan terhadap pangkalan militer milik pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman barat daya pada Minggu (29/8/2021).

Akibat serangan di pangkalan militer al-Anad tersebut, sedikitnya 30 tentara tewas dan 60 orang terluka sebagaimana dilansir Reuters.

Juru bicara pasukan selatan Yaman Mohamed al-Naqeeb mengatakan, dalam serangan tersebut, Houthi mengirim serangan lewat drone bersenjata dan rudal balistik.

Dia menduga jumlah korban tewas mungkin masih meningkat karena regu penyelamat sedang menyisir tempat kejadian.

Pasukan selatan adalah bagian dari pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Dua sumber dari tenaga medis mengatakan, beberapa jenazah dibawa ke rumah sakit utama provinsi Lahj bersama dengan 16 orang lainnya yang terluka.

Tidak jelas apakah warga sipil termasuk di antara korban serangan tersebut.

Sejumlah penduduk mengaku mendengar ledakan keras beberapa kali yang berasal dari daerah al-Anad, yang terletak sekitar 70 km sebelah utara kota pelabuhan Aden.

Penduduk lain dari pusat kota Taiz mengaku mendengar rudal balistik yang ditembakkan dari peluncur yang ditempatkan di pinggiran timur kota yang dikuasai Houthi.

Serangan itu terjadi pada saat pembicaraan damai antara koalisi pimpinan Arab Saudi dan Houthi terhenti setelah kedua belah pihak gagal menyepakati kompromi.

Perang saudara di Yaman pecah pada 2014 ketika Houthi menyerbu Sanaa dan menggulingkan pemerintahan Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Sebuah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) melakukan intervensi pada Maret 2015 untuk mengembalikan Hadi ke tampuk kekuasaan.

Namun, upaya tersebut justru memperburuk konflik yang sekarang menemui jalan buntu.

Akibat konflik di Yaman, puluhan ribu orang tewas dan menyebabkan krisis kemanusiaan terparah di dunia.

https://www.kompas.com/global/read/2021/08/29/171247070/houthi-gempur-pangkalan-pasukan-koalisi-30-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke