Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inji, Orangutan Tertua di Dunia, Disuntik Mati di Kebun Binatang Oregon, AS

OREGON, KOMPAS.com - Orangutan tertua di dunia, Inji, mati di usia 61 tahun di Kebun Binatang Oregon, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (10/1/2021).

Orangutan betina asal Sumatera, Indonesia itu menderita sakit dalam beberapa pekan terakhir. Inji tampak berjuang keras untuk bisa bergerak dan meninggalkan kandangnya.

Melansir Daily Mail, staf kebun binatang mengatakan bahwa Inji hampir tidak menunjukkan minat pada makanan, bahkan makanan favoritnya.

Karena tidak ada tanda-tanda perbaikan, meski sudah diberi pengobatan untuk rasa sakit, dokter hewan memutuskan bahwa Inji harus di-euthanasia atau disuntik mati.

Dalam sebuah pernyataan publik yang mengumumkan kematian Inji, anggota staf kebun binatang, Bob Lee mengatakan, "Kami tahu dia tidak bisa hidup selamanya, tapi ini sangat menyakitkan, dan saya tahu banyak pengunjung yang berduka bersama kami."

Inji dinilai punya kemampuan luar biasa dalam koneksinya dengan para pengunjung. "Dia menginspirasi generasi," ujar Lee.

Terlepas dari usianya yang melampaui harapan hidup orangutan liar, yakni lebih dari 20 tahun, Inji masih punya rasa ingin tahu yang tinggi ketika mengamati manusia yang berkunjung.

Dia sangat penasaran dengan apa yang ada di dalam tas tangan, dompet, ransel...

"Beberapa sukarelawan, staf, dan tamu sengaja membawa mainan angin atau barang berwarna cerah di tas mereka hanya untuk ditunjukkan kepada Inji," kata Lee.

Pada 2012, Inji muncul dalam sebuah artikel yang menginformasikan bagaimana kebun binatang memelihara hewan-hewan mereka yang sudah tua dan 'mendekati' akhir hayat.

Kebun Binatang Oregon membawa Inji masuk ketika dia berusia sekitar satu tahun pada tanggal 30 Januari 1961, dan dia tetap di sana sejak itu. Hari kelahiran Inji sampai sekarang tidak diketahui.

Inji lahir di alam liar dan dibawa ke AS melalui perdagangan hewan liar yang saat itu legal. Di tempat asal Inji, Sumatera, orangutan terancam punah.

Kebun binatang berencana untuk menghormati Inji pada pembukaan habitat baru di Hutan Primata untuk simpanse dan orangutan yang dijadwalkan pada musim semi.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/13/170433670/inji-orangutan-tertua-di-dunia-disuntik-mati-di-kebun-binatang-oregon-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke