Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

E-mail Kemenkeu AS dan NTIA Dijebol Hacker lewat Microsoft Office

Selain Kemenkeu AS, lembaga lain yang surelnya dibobol peretas adalah Administrasi Informasi dan Telekomunikasi Nasional (NTIA) yang dibawahkan Kementerian Perdagangan.

Hacker membobol Microsoft Office 365 di kantor NTIA. E-mail staf di lembaga itu dipantau oleh peretas selama berbulan-bulan.

Sampai berita ini diunggah, juru bicara Microsoft belum berkomentar soal kasus tersebut.

Jebolnya e-mail Kemenkeu AS dan NTIA menimbulkan kekhawatiran di kalangan intel AS bahwa peretas menargetkan lembaga-lembaga pemerintah lainnya di "Negeri Paman Sam", menurut tiga sumber yang mengetahui persoalan tersebut, dikutip Kompas.com dari News 18 pada Senin (14/12/2020).

Namun, ketiga sumber tersebut tidak menyebutkan lembaga pemerintahan mana saja yang kemungkinan juga menjadi target.

"Pemerintah AS sudah mengetahui laporan ini dan kami mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengidentifikasi serta menyelesaikan masalah yang mungkin terkait dengan situasi ini," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Ullyot.

Peretasan itu sangat serius sampai membuat Dewan Keamanan Nasional mengadakan rapat darurat di Gedung Putih pada Sabtu (12/12/2020), kata salah seorang sumber yang mengetahuinya.


Para peretas ini sangat canggih sampai bisa mengakali otentikasi platform Microsoft, menurut seorang sumber yang minta tidak disebut namanya karena tidak berwenang berbicara ke pers.

Sementara ini belum diketahui sejauh mana peretas bergerak. Investigasi tahap awal telah melibatkan berbagai agen federal, termasuk FBI dan CISA (Badan Keamanan Infrastruktur dan Siber).

Ada indikasi jebolnya surel NTIA sudah terjadi sejak musim panas, tetapi baru ketahuan sekarang, menurut seorang pejabat senior AS.

NTIA termasuk dalam kelompok lembaga yang terlibat dalam upaya Presiden Donald Trump memblokir aplikasi TikTok dan WeChat, yang diklaimnya membahayakan keamanan nasional dan dibantah oleh kedua aplikasi tersebut.

Kasus jebolnya e-mail lembaga pemerintahan ini menjadi tantangan besar bagi presiden terpilih Joe Biden, yang akan mulai bertugas bulan depan.

Biden harus bisa memastikan informasi apa yang dicuri dan untuk apa informasi curian itu dipakai.

Penyelidikan di dunia maya tidak jarang berlangsung selama berbulan-bulan dan butuh bertahun-tahun untuk menyelesaikannya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/12/14/073904670/e-mail-kemenkeu-as-dan-ntia-dijebol-hacker-lewat-microsoft-office

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke