Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

300 Armada Kapal China Ditemukan Jarah Ikan di Perairan Galapagos yang Mengancam Spesies Laut Langka

GALAPAGOS, KOMPAS.com - Sebuah penyelidikan menemukan 300 armada kapal China tertangkap melakukan misi penangkapan ikan ilegal selama sebulan di lepas pantai Kepulauan Galapagos, yang mengancam spesies langka di oasis margasatwa laut.

Kapal penangkap ikan asing menjarah perairan yang dilindungi di dekat Cagar Laut Galapagos untuk menangkap cumi-cumi, yang sangat penting untuk kelangsungan hidup spesies sekitarnya, seperti anjing laut, hiu martil, dan tuna, menurut data yang dianalisis oleh kelompok konservasi laut Oceana.

“Selama sebulan, dunia menyaksikan dan bertanya-tanya apa yang dilakukan armada penangkapan ikan China yang sangat besar di lepas Kepulauan Galapagos, tapi sekarang kami tahu,” kata Marla Valentine, analis penangkapan ikan ilegal dan transparansi Oceana.

Melansir New York Post pada Jumat (18/9/2020), Valentine mengatakan bahwa upaya penangkapan ikan besar-besaran dan berkelanjutan dari armada China ini mengancam Kepulauan Galapagos yang menjadi rumah bagi spesies langka dan sumber mata pencarian bagi para nelayan.

Bendera kapal China terlihat menangkap cumi-cumi antara 13 Juli dan 13 Agustus, menyapu total 73.000 jam penangkapan ikan ilegal, menurut alat pemetaan online yang digunakan oleh kelompok tersebut.

Kepulauan Galapagos dianggap sebagai permata lingkungan dengan lebih dari 20 persen spesies lautnya tidak ditemukan di tempat lain di bumi ini.

Secara total, 99 persen aktivitas penangkapan ikan di daerah itu selama periode satu bulan dilakukan oleh orang China, kata organisasi itu.

Untuk menganalisis data kapal China, kelompok tersebut menggunakan alat Pengawas Perikanan Global, yang bekerja sama dengan Google dan kelompok pengawas lingkungan SkyTruth, untuk mencatat citra satelit.

Sayangnya, kata Valentine, ini hanyalah puncak gunung es, jika menyangkut dampak armada penangkapan ikan besar-besaran China di lautan kita.

"Situasi yang terjadi di Galapagos seharusnya menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran serius tentang dampak armada penangkap ikan besar China terhadap lautan yang dilaluinya," pungkasnya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/09/19/173540070/300-armada-kapal-china-ditemukan-jarah-ikan-di-perairan-galapagos-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke