Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hamas Menyangkal Berhubungan dengan Kelompok Sayap Kanan Boogaloo Bois

GAZA CITY, KOMPAS.com - Kelompok Perlawanan Palestina, Hamas, membantah memiliki hubungan dengan gerakan ekstremis sayap kanan Boogaloo Bois dari Amerika Serikat (AS).

Hal itu diungkapkan kelompok tersebut melalui sebuah pernyataan sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, Minggu (6/9/2020).

"Kami mengecam upaya pemerintah AS untuk menghubungkan Hamas dengan setiap anggota kelompok ini," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Kelompok itu menyatakan bahwa pengaitan hubungan antara Boogaloo Bois dengan Hamas adalah upaya untuk mendiskreditkan perjuangan rakyat Palestina.

"Ini adalah upaya putus asa untuk mendiskreditkan gerakan (pembebasan) atas permintaan Israel atau kepemimpinan ekstremisnya," tambah Hamas.

Hamas mengatakan bahwa organisasinya adalah gerakan pembebasan nasional Palestina atas pendudukan Israel.

"Dan tidak mencampuri urusan internal negara mana pun di seluruh dunia," lanjut Hamas

Boogaloo Bois adalah kelompok sayap kanan AS yang memusuhi institusi publik AS.

Anggota kelompok tampak membawa senjata dalam protes di Minneapolis setelah kematian George Floyd di bawah lutut seorang petugas kepolisian.

Sebelumnya, diberitakan bahwa dua anggota kelompok Boogaloo Bois ditangkap oleh pihak berwenang AS dan didakwa berkonspirasi untuk mendukung Hamas.

Kedua orang itu diidentifikasi identitasnya sebagai Michael Robert Solomon (30) dan Benjamin Ryan Teeter (22).

Kementerian Kehakiman AS menuduh Solomon dan Teeter memberikan dukungan material kepada "organisasi teroris asing".


Dilansir dari New York Post, Sabtu (5/9/2020), para terdakwa juga dituduh telah berusaha menggunakan kekerasan terhadap polisi, pejabat pemerintah, dan properti pemerintah sebagai bagian dari keinginan mereka menggulingkan pemerintah.

"Kasus ini hanya dapat dipahami sebagai contoh dari pepatah lama yakni musuh dari musuhmu adalah temanmu," kata Asisten Jaksa Agung, John C Demers, untuk Divisi Keamanan Nasional dalam sebuah pernyataan.

https://www.kompas.com/global/read/2020/09/06/201139070/hamas-menyangkal-berhubungan-dengan-kelompok-sayap-kanan-boogaloo-bois

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke