Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susah Sinyal, Anak Ini Keluar Rumah dan Sekolah Online di Bawah Pohon

Di bawah sinar matahari Tuscan yang hangat, Giulio menghadiri kelas online yang diadakan sekolahnya.

Sekolah online yang diadakan selama masa lockdown ini mengharuskannya memiliki sinyal internet, tetapi sinyal tidak menjangkau rumahnya di pedesaan.

Ia pun harus menempuh jarak sekitar 1,5 km dan menggelar meja serta bangku di bawah pohon untuk menghadiri sekolah online.

Itu adalah tempat terdekat dari kediamannya untuk mendapat sinyal internet.

"Di hari-hariku bersekolah, aku membawa meja, bangku, dan tas berisi tablet serta semua buku yang dibutuhkan."

"Kemudian ibuku datang ke sini di dalam mobil," kata anak laki-laki 12 tahun itu dikutip dari Reuters, Rabu (15/4/2020).

Ibunya mengantarnya ke tempat di luar kota kecil Scansano, Tuscan, Italia, setiap hari karena saluran telepon di rumah rusak selama berbulan-bulan dan tidak ada sinyal ponsel di sana.

"Kami mempersiapkan semuanya dan kami siap untuk pelajaran kami," kata Giulio siswa tahun pertama di sekolah menengah.

Meski pemandangan tempatnya belajar sangat syahdu, Giulio mengaku ia lebih senang belajar di sekolah karena bisa bertemu teman-temannya.

"Aku lebih suka di sekolah karena setidaknya di sana aku bersama teman-teman."

"Di sini aku bisa melihat mereka tetapi hanya lewat layar. Setidaknya di sana (sekolah) aku bisa bertemu mereka langsung," ungkapnya.

Ibunya mengatakan, dia telah menempuh tindakan hukum untuk menuntut perusahaan telepon, karena sudah lama saluran teleponnya tidak diperbaiki.

Hingga akhirnya ia harus membawa anaknya ke tempat dengan pemandangan indah, di mana biasanya dikunjungi orang untuk berlibur tapi mereka mendatanginya untuk menghadiri ruang kelas virtual.

https://www.kompas.com/global/read/2020/04/16/210020270/susah-sinyal-anak-ini-keluar-rumah-dan-sekolah-online-di-bawah-pohon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke