Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Soroti Ketenangan dan Konsistensi Ana/Tiwi di Final Thailand Open

Kompas.com - 19/05/2024, 21:30 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asisten pelatih ganda putri Indonesia, Prasetyo Restu Basuki, mengevaluasi penampilan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi saat berlaga di final Thailand Open 2024.

Febriana/Amalia menghadapi unggulan pertama asal Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, di babak final Thailand Open 2024.

Pertandingan digelar di Nimibutr Arena, Minggu (19/5/2024) sore WIB, tuntas dengan kemenangan wakil tuan rumah dengan skor 21-14, 21-14.

Pasangan ganda putri yang kerap disapa Ana/Tiwi ini dinilai telah memberikan penampilan yang baik, tetapi masih bermain dengan pola permainan yang berubah-ubah.

"Performa Ana/Tiwi sebenarnya sudah baik, tetapi belum konsisten," kata Prasetyo dalam keterangan PBSI.

Baca juga: Ana/Tiwi Tak Puas Jadi Runner-up Thailand Open 2024

"Sementara itu, lawan rupanya lebih siap mempersiapkan teknik, strategi, pukulan, dan pola mainnya yang terbukti hasilnya lebih baik dibanding Ana/Tiwi," katanya.

Prasetyo menyoroti ketenangan yang seharusnya menjadi hal utama saat mereka berada di dalam posisi unggul.

Ana/Tiwi masih belum bersikap tenang saat dikejar skor oleh lawannya.

"Tadi Ana/Tiwi dalam permainan sempat unggul, tetapi saat lawan bisa membalikkan keadaan, sebenarnya yang sangat dibutuhkan saat itu adalah ketenangan," ujar Prasetyo.

"Saat terkejar, Ana/Tiwi malah belum bisa bermain tenang," lanjutnya.

Menurut sang asisten pelatih, performa Ana/Tiwi dianggap tak sebaik saat di babak semifinal, ketika menghadapi ganda Jepang.

"Harus diakui, penampilan Ana/Tiwi hari ini tidak seperti kemarin di semifinal. Saat lawan ganda Jepang, keduanya bisa bermain lebih lepas. Bisa enjoy. Banyak variasinya dan bermain sabar," tutur Prasetyo.

Baca juga: Hasil Final Thailand Open 2024, Ana/Tiwi Runner-up

"Namun, hal ini bisa terjadi karena kualitas lawan hari ini berbeda dengan yang dihadapi kemarin. Hari ini kemampuan lawan memang lebih baik. Serangan-serangannya juga lebih tajam," katanya.

Target terdekat Ana/Tiwi berikutnya adalah Malaysia Masters yang akan berlangsung di Axiata Arena, Bukit Jalil, 21-26 Mei 2024.

Ana/Tiwi berhasil tampil di Thailand Open tanpa cedera, hal tersebut menjadi modal tambahan untuk berlaga di Malaysia Masters nanti.

"Untuk selanjutnya Ana/Tiwi akan tampil ke Malaysia Masters. Kami bersyukur tampil di Thailand Open bisa melaju ke final dan tanpa cedera," kata Prasetyo.

"Semoga mereka mampu mempertahankan performanya dan memenuhi target yang mereka harapkan," kata Prasetyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com