Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ginting ke Final All England 2024: Siap Lawan Siapa pun, Harap Jojo Menang

Kompas.com - 16/03/2024, 21:54 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengaku sudah siap melawan siapa pun di final All England 2024. 

Anthony Ginting mengemas tiket final All England 2024 seusai mengalahkan wakil Perancis, Christo Popov, pada partai semifinal.

Bertanding di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, pada Sabtu (16/3/2024), Ginting menumbangkan Popov melalui tiga gim via skor 19-21, 21-5, 21-11.

Selepas laga, Ginting mengaku bersyukur bisa menang atas Popov. Sebab, tunggal putra jebolan SGS PLN itu mampu keluar dari tekanan.

Baca juga: Hasil All England 2024: Ginting ke Final dengan Trik Tipuan, Kans Bersua Jojo

Ginting memang sempat mengalami tekanan besar setelah tumbang di tangan Popov pada gim pertama, kendati kerap kali unggul.

“Bersyukur dan senang hari ini, bukan hanya karena menangnya tetapi bisa mengatur semuanya dengan baik di lapangan,” kata Ginting dalam rilis PBSI yang diterima Kompas.com.

“Bisa menjaga fokusnya dengan baik dari awal laga sampai selesai, itu penting juga,” lanjut pebulu tangkis kelahiran Cimahi itu.

“Pasalnya, kalau bisa bermain dengan baik dan bisa menuntaskan segala permasalahan, kemungkinan berhasil lebih besar,” lanjut dia.

Baca juga: All England 2024, Kritik Keras Legenda Malaysia Usai Lee Zii Jia Tersingkir

Ginting pun tak menyangkal bahwa dirinya menyesal karena tidak mampu memanfaatkan momentum pada gim pertama saat melawan Popov.

Walau demikian, pebulu tangkis ranking 5 dunia itu tetap fokus sepanjang pertandingan sehingga mampu bangkit guna mengalahkan Popov.

“Memang cukup disayangkan di gim pertama sudah unggul 2-3 poin, tetapi Christo berhasil menyusul,” imbuh Ginting.

“Di gim kedua saya mencoba untuk tidak memikirkan apa yang terjadi pada gim pertama, tetap fokus pada strategi dan fokus cara bermainnya harus bagaimana untuk mendapatkan poin,” ungkapnya.

Kini, Ginting tengah mempersiapkan diri melawan pemenang laga Lakshya Sen (India) dan Jonatan Christie (Indonesia) guna memperebutkan trofi juara All England 2024.

Ginting menjelaskan, dirinya sudah merasa siap menghadapi antara Lakshya Sen atau Jonatan Christie.

Baca juga: Fajar/Rian ke Semifinal All England 2024, Strategi Jitu Redam Juara Olimpiade

Meski begitu, Ginting lebih berharap Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, yang bakal menjadi lawan dirinya di final All England 2024.

“Di final, siapa pun lawannya saya siap, tetapi pastinya berharap kami bisa menciptakan All Indonesian Final,” tutur Ginting.

“Namun, untuk Jonatan, jangan terlalu fokus ke sana karena masih ada pertandingan yang harus dia jalani hari ini.”

“Semoga Jonatan bisa bermain dengan baik, sama seperti penampilan sebelum-sebelumnya,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com