Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Olimpiade Paris, Herry IP Dampingi Rinov/Pitha di German Open 2024

Kompas.com - 28/02/2024, 05:52 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih kepala ganda campuran, Herry Iman Pierngadi, mendampingi langsung Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di German Open 2024. 

Rinov/Pitha menjadi salah satu dari tiga wakil Indonesia yang bertanding di German Open 2023 di Westenergiesporthalle, 27 Februari-3 Maret 2024. 

Ganda campuran Indonesia yang biasanya hanya didampingi asisten pelatih, Amon Santoso, kini juga ditemani langsung oleh pelatih kepala Herry Iman Pierngadi. 

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya mendongkrak kepercayaan diri khususnya Rinov/Pitha yang tengah berjuang memburu poin menuju Olimpiade Paris 2024. 

Baca juga: Apri/Fadia Bersiap French Open, Tanggapi Greysia Polii dan Olimpiade

"Biasanya didampingi coach Amon, kami minta coach Herry untuk mendampingi Rinov/Pitha," tutur Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagja, di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (27/2/2024).

"Sebagai pelatih kepala, Koh Herry harus mendampingi para pemain yang utamanya untuk Olimpiade. Harapannya untuk menambah kepercayaan diri para pemain," ujar Ricky. 

Rinov disebut sempat kehilangan kepercayaan diri. Namun, Ricky menjelaskan PBSI sudah melakukan penanganan terkait masalah itu. 

"Itu istilahnya non-teknis. Secara kualitas mereka (Rinov/Pitha) saat dipasangkan cukup bagus progresnya. Kondisinya sedang dalam perbaikan," ucap Ricky. 

Baca juga: Ginting Fokus French Open dan All England 2024, Tolok Ukur Olimpiade

"Saya tekankan kepada Koh Herry karena yang paling dekat dan tahu anak didiknya ya pelatih. Memang ada pendampingan khusus untuk Olimpiade ini," kata peraih emas Olimpiade Atlanta 1996 itu. 

"Ada tim psikolog. Untuk setiap pemain, pendampingan-pendampingan ini selalu kami jalankan. Selain teknis, hal-hal non teknis juga perlu diperkuat," imbuhnya. 

Selain German Open, Rinov/Pitha juga dijadwalkan mengikuti 4 turnamen lain di Eropa dalam upaya memburu poin Olimpiade. 

Keempat turnamen itu ialah French Open (5-10 Maret), Orleans Masters (12-17 Maret), Swiss Open (19-24 Maret), dan Spain Masters (26-31 Maret).

Baca juga: Menuju French Open, Tim Bulu Tangkis Indonesia Berangkat Lebih Awal

"Ada beberapa turnamen yang kami harapkan progresnya untuk Rinov/Pitha yang istilahnya (posisi di ranking Race to Olympic) belum aman," ucap Ricky. 

"Mereka dijadwalkan mengikuti 5 turnamen, tapi kita lihta progresnya 2-3 event ini. Jadi, betuk-betul kerja keras dan fokus mengejar poin," tuturnya.  

Rinov/Pitha akan melawan David Eckerlin/Amelie Lehmann (Jerman) pada babak 32 besar German Open 2024 hari ini yang dimulai pukul 16.00 WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com