Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Lengkap Malaysia Open 2024, Wakil Indonesia Habis di Perempat Final

Kompas.com - 12/01/2024, 18:26 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semifinal Malaysia Open 2024 dipastikan tanpa wakil Indonesia setelah kekalahan Gregoria Mariska Tunjung dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Indonesia tinggal menyisakan dua wakil pada perempat final Malaysia Open 2024 yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (12/1/2024). 

Namun, Gregoria dan Fajar/Rian sama-sama tersingkir. Gregoria takluk dari unggulan kedua sekaligus peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, Chen Yu Fei (China). 

Chen Yu Fei menang dua gim langsung dengan skor 21-13, 21-17. Hasil ini sekaligus membalas kekalahannya dari Gregoria di Kumamoto Masters Japan tahun lalu. 

Baca juga: Hasil Malaysia Open 2024, Fajar/Rian Gagal Pertahankan Gelar

Gregoria tak ingin berkilah soal faktor kekalahannya dan mengaku banyak melakukan kesalahan sendiri.

"Catatan terbesar ada pada gim pertama karena saya banyak melakukan kesalahan sendiri yang harusnya tidak saya lakukan. Karena hal itu, di gim kedua Chen Yu Fei terlihat kepercayaan dirinya meningkat," katanya dalam keterangan PBSI. 

"Bisa dibilang pada gim kedua saya sudah mulai menemukan irama dan kontrol permainan tapi balik lagi saya banyak melakukan kesalahan sendiri," ucap dia. 

"Memang ada perbedaan kondisi lapangan hari ini tapi itu bukan alasan karena lawan juga merasakan. Bisa dilihat beberapa kali kami melakukan salah kontrol. Namun, mungkin bedanya dia lebih bisa cepat menguasai," tutur Gregoria. 

Baca juga: Gregoria Tersingkir dari Malaysia Open 2024: Akui Banyak Kesalahan, Tak Mau Beralasan

Sementara, Fajar/Rian dikalahkan ganda putra nomor satu dunia yaitu Liang Wei Keng/Wang Chang (China) dengan skor 21-16, 17-21, 18-21. 

Hasil ini sekaligus membuat Fajar/Rian tak berhasil mempertahankan gelar juara Malaysia Open yang berstatus BWF World Tour Super 1.000. 

Fajar/Rian menjadi juara Malaysia Open 2023 setelah mengalahkan lawan yang sama, yakni Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-18, 18-21, 21-13. 

Pebulu tangkis Indonesia selanjutnya bersiap mengikuti turnamen BWF World Tour Super 750, India Open 2024, yang berlangsung pada 16-21 Januari 2024. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com