Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

French Open 2022, 2 Faktor Kekalahan Fajar/Rian di Babak 16 Besar

Kompas.com - 28/10/2022, 12:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada dua faktor yang menyebabkan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhenti pada babak 16 besar French Open 2022. 

Fajar/Rian yang pekan lalu menjuarai Denmark Open 2022 tak berhasil melanjutkan tren positif di French Open 2022. 

Bertanding di Stade Pierre de Coubertin, Kamis (27/10/2022), Fajar/Rian kalah dari Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) dengan skor 21-16, 21-23, 15-21. 

Fajar/Rian sejatinya punya kesempatan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dua gim langsung. Sebab, mereka sudah unggul 13-8 pada gim kedua. 

Baca juga: Wakil Inggris Usai Bekuk Fajar/Rian: Fokus Jadi Kunci, Akui FajRi Ganda Putra Terbaik

Namun, pasangan Inggris bisa mengejar dan menang 23-21. Fajar mengaku kalah fokus sehingga membuat lawan bisa membalikkan keadaan. 

"Pada gim kedua saat kami unggul bisa terkejar. Ke depannya kami harus lebih fokus lagi poin demi poin dan tidak boleh lengah. Semoga hasil ini menjadi pembelajaran untuk kami," katanya dalam keterangan PBSI yang diterima Kompas.com. 

Selain soal fokus, Rian juga mengakui bahwa ia dan Fajar melakukan banyak kesalahan sendiri pada akhir gim kedua yang menguntungkan lawan. 

"Bersyukur kami bermain dengan lancar. Mungkin hasilnya belum yang terbaik, tetapi kami sudah mencoba yang terbaik," ujar Rian. 

Baca juga: Hasil Lengkap French Open 2022: Indonesia Sisakan 3 Wakil di Perempat Final

"Kami sangat menyayangkan pada gim kedua di akhir gim kami banyak melakukan kesalahan sendiri, sehingga membuat lawan percaya diri. Setelah itu, kami jadi sulit mematikan mereka," ucap Rian. 

Hasil melawan Ben Lane/Sean Vendy merupakan kekalahan paling dini yang dialami Fajar/Rian sejak Swiss Open 2022 pada akhir Maret lalu. 

Fajar/Rian menembus delapan final dari 14 turnamen yang diikuti tahun ini. Dari delapan final tersebut, mereka meraih empat gelar juara dan empat runner-up. 

Saat tidak berhasil ke final, itu karena Fajar/Rian terhenti di perempat final seperti yang terjadi di Indonesia Open dan Japan Open 2022. 

Adapun Fajar/Rian mengaku akan membenahi segala kekurangan usai kekalahan di French Open 2022

"Menghadapi pertandingan ke depan, kami masih belum tahu. Yang pasti kami terus berlatih dengan memperbaiki kekurangan yang ada, ditambah dari power hingga fokusnya lagi," ucap Fajar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com