Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Sudirman 2021 - Greysia/Apriyani Belum Fit, Pelatih Siapkan Fadia/Ribka

Kompas.com - 18/09/2021, 14:00 WIB
Tri Indriawati

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, memikul tanggung jawab lebih besar di Piala Sudirman 2021, menyusul kondisi Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang belum sepenuhnya kembali bugar.

Hal itu diungkapkan oleh pelatih ganda putri nasional, Eng Hian, saat menjelaskan kondisi pemain-pemain asuhannya menjelang Piala Sudirman 2021.

Eng Hian mengakui, Greysia/Apriyani memang sudah dalam kondisi mental yang siap untuk bertarung di Piala Sudirman 2021.

Akan tetapi, ganda putri terbaik Indonesia itu belum mencapai kondisi fisik yang 100 persen bugar sepulang dari Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Cara Lain Greysia/Apriyani Syukuri Emas Olimpiade Tokyo 2020...

Seusai menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 pada Agustus lalu, Greysia/Apriyani harus mengikuti berbagai seremoni dan penghargaan yang cukup menyita waktu.

Oleh sebab itu, menurut Eng Hian, Greysia/Apriyani hanya memiliki waktu sekitar tiga pekan untuk berlatih mempersiapkan penampilan di Piala Sudirman 2021.

"Banyak pihak pasti menanyakan kondisi Greys/Apri dan saya bisa sampaikan kalau mereka kondisinya secara mental sudah siap bertarung tapi secara fisik belum 100%," kata pelatih yang akrab disapa Didi itu di Pelatnas PBSI Cipayung, dilansir dari Badminton Indonesia, Jumat (17/9/2021).

"Setelah Olimpiade dan selesai karantina di Indonesia, acara apresiasi mereka kan memang banyak sehingga waktu untuk persiapan hanya sekitar tiga pekan," kata dia menambahkan.

Dengan kondisi Greysia/Apriyani yang belum 100% fit, pelatih pun memberikan beban lebih kepada ganda putri kedua Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, di Piala Sudirman 2021.

"Di Piala Sudirman ini, saya lebih fokus mempersiapkan Fadia/Ribka untuk bisa diberikan tanggung jawab, memikul tanggung jawab," kata dia.

"Kalau dibilang belum siap, di atas kertas memang belum siap tapi kalau saya melihat kesiapan mereka dari latihan itu sudah cukup bagus."

"Jadi, nanti kita lihat kondisinya, Greys/Apri akan lebih diutamakan, tapi kalau memang memungkinkan saya akan memaksimalkan Fadia/Ribka," ujar Eng Hian.

Selama masa persiapan menuju Piala Sudirman 2021, Eng Hian melihat perkembangan performa Fadia/Ribka sangat positif.

Fadia/Ribka juga sudah berhasil mengatasi kekurangan mereka, yakni soal ketahanan fisik saat menghadapi laga panjang.

"Selama ini, kekurangan Fadia/Ribka adalah di daya tahan untuk bermain dengan durasi yang agak lama," tutur Eng Hian.

"Memang dari pola permainan kami ubah, mungkin akan lebih lambat, tapi dari sisi kebutuhan untuk fisik dan stamina sudah banyak kemajuan."

"Namun kembali lagi, kalau hanya latihan tanpa dicoba di pertandingan tidak akan kelihatan. Nanti, kita coba uji di pertandingan," katanya lagi.

Adapun jadwal Piala Sudirman 2021 akan mulai bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang di Finlandia.

Baca juga: Raih Medali Emas, Leani/Khalimatus Tiru Langkah Greysia/Apriyani

 

Indonesia akan memulai kiprah di Piala Sudirman 2021 dengan melawan Rusia pada 26 September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com