Markis Kido, Gemilang di Asia hingga Dunia dan Persembahan Emas Kemerdekaan

Kompas.com - 15/06/2021, 05:32 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu putra terbaik bangsa Indonesia dari dunia bulu tangkis, Markis Kido, meninggal dunia pada Senin (14/6/2021).

Markis Kido tutup usia dalam usia 36 tahun saat sedang bermain bulu tangkis di GOR Petrolin, Alam Sutera, Tangerang, sekitar pukul 18.30 WIB, dengan dugaan karena serangan jantung.

"Hari ini keluarga besar bulu tangkis Indonesia sangat berduka dengan berpulangnya Markis Kido, pahlawan bulu tangkis yang telah berulang kali mengharumkan nama Merah Putih di panggung bulu tangkis dunia," ucap Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

Dalam kariernya, Uda, sapaan akrab Kido, telah menorehkan berbagai prestasi manis bagi bulu tangkis Tanah Air.

Baca juga: Profil Markis Kido, Legenda Bulu Tangkis Indonesia Peraih Emas Olimpiade 2008

Dari beragam gelar yang telah diraih, salah satu benang merah dari prestasi sosok kelahiran Jakarta 11 Agustus 1984 tersebut ialah gemilang pada cabang bulu tangkis ajang multievent, dari level Asia Tenggara, Asia, hingga dunia.

Untuk tingkat Asia Tenggara, Markis Kido pernah meraih medali emas SEA Games 2003, 2005, 2007, 2009, dan 2011, dengan total tujuh medali dari beregu dan ganda putra.

Pada 2003, Markis Kido menjadi bagian saat tim beregu putra menyumbang medali emas SEA Games di Hanoi Vietnam.

Di nomor ganda putra, Uda Markis mulai menorehkan tinta emasnya di ajang SEA Games pada 2005 di Filipina. Berpasangan dengan Hendra Setiawan, Kido menyabet medali emas.

Baca juga: Markis Kido Meninggal Dunia, Liliyana Natsir Kenang Momen Juara

Selanjutnya, secara berturut-turut, pasangan Kido/Hendra mendominasi ganda putra SEA Games pada 2007 dan 2009, selain emas dari beregu putra pada tahun yang sama dan 2011.

Pada tingkat Asia, Kido, juga bersama Hendra Setiawan, berhasil meraih medali emas Asian Games 2010 di Guangzhou, China.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.