Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Denmark Open 2021 - Sempat Tertinggal, Ini Kunci Rinov/Pitha Bangkit dan Kalahkan Wakil Jepang

KOMPAS.com - Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas mengungkapkan kunci keberhasilannya menekuk pasangan ganda campuran Jepang, Yuki Kaneko/Misako Matsutomo, pada pertandingan pertama Denmark Open 2021.

Rinov/Pitha menjadi wakil pertama Indonesia dari sektor ganda campuran yang berhasil memastikan tempat di babak 16 besar Denmark Open 2021.

Ganda campuran peringkat ke-21 dunia itu lolos ke babak 16 besar Denmark Open 2020 setelah menekuk Yuki Kaneko/Misako Matsutomo dengan skor 15-21, 21-12, 21-19.

Bertanding di Lapangan 2 Odense Sports Park, Denmark, Selasa (19/10/2021), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mendapat perlawanan ketat dari Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo sejak awal gim pertama.

Kedua pasangan itu silih berganti mendulang angka. Sempat unggul tipis, Rinov/Pitha lalu tertinggal 9-11 dari Yuki/Misaki saat interval gim pertama.

Selepas jeda, Rinov/Pitha belum juga bisa keluar dari tekanan lawan. Mereka pun terpaksa menyerah 15-21 dari Yuki/Misaki.

Pada gim kedua, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari langsung tancap gas dan berhasil unggul 11-5 atas Yuki/Misaki saat interval.

Rinov/Pitha terus konsisten meraih poin demi poin hingga akhirnya unggul 21-15 dan memaksa Yuki/Misaki memainkan rubber game.

Gim ketiga pun berjalan sengit antara Rinov/Pitha dan Yuki/Misaki. Mereka silih berganti mendulang angka sebelum akhirnya Rinov/Pitha berhasil menjauh 11-9 pada interval.

Rinov/Pitha terus menekan Yuki/Misaki hingga mereka berhasil menjauh 14-10 dari lawan.

Menjelang akhir gim ketiga, Rinov/Pitha banyak kehilangan poin. Mereka sempat unggul 18-15, tetapi bisa dikejar 18-18 oleh lawan.

Meski begitu, Rinov/Pitha bisa tetap tampil tenang dan akhirnya memenangi gim ketiga dengan skor 21-19.

Seusai laga, Rinov Rivaldy mengungkapkan kunci ketenangan mereka sehingga bisa mengalahkan wakil Jepang itu,

Dia menegaskan, mereka berkomitmen untuk lebih dulu mencuri poin agar bisa terus memimpin laga kontra Yuki/Misaki.

"Main hari ini masih normal, terus tadi juga jangan kalah start dan harus in duluan mainnya," kata Rinov dalam rilis PBSI yang diterima Kompas.com, Selasa malam.

Rinov mengaku, sempat kaget saat berhadapan dengan Yuki/Misaki yang kini fokus di nomor ganda campuran.

Menurut dia, kemampuan pasangan Jepang itu jauh lebih meningkat ketimbang saat mereka berjumpa pada pertemuan sebelumnya.

"Pada 2019, sempat ketemu mereka juga, tapi saat itu mungkin mereka masih main rangkap," kata Rinov.

"Kalau sekarang mereka fokus di mixed doubles jadi peningkatannya lebih berbeda sih, sempat kaget juga tadi tapi alhamdulilah masih bisa menang."

Pada laga babak 16 besar Denmark Open 2021, Rinov/Pitha akan bertemu dengan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, yang mengalahkan wakil Indonesia, Adnan Maulana/Muchelle Crhystine Bandaso, di babak 32 besar.

Menghadapi Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang menduduki posisi unggulan kelima turnamen, menjadi tantangan cukup berat bagi Rinov/Pitha.

Meski begitu, Rinov menegaskan, siap berjuang dengan sebaik mungkin terlepas dari siapa pun lawan yang dihadapi di babak 16 besar Denmark Open 2021.

"Saya dan Pitha mau kasih yang terbaik setiap pertandingan," kata Rinov Rivaldi seusai memastikan lolos ke babak 16 besar Denmark Open 2021.

https://www.kompas.com/badminton/read/2021/10/19/23102308/denmark-open-2021-sempat-tertinggal-ini-kunci-rinov-pitha-bangkit-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke