Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keluar Pelatnas PBSI Tanpa Izin, Pebulu Tangkis Tania Oktaviani Diskorsing 3 Bulan

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti, Tania keluar dari pemusatan latihan (pelatnas) PBSI di Cipayung, Jakarta Timur tanpa izin.

"Dia (Tania) melakukan tindakan indisipliner dalam masa karantina ini dengan diam-diam keluar pelatnas tanpa izin pada 14 Juni lalu," ujar Susy kepada Kompas.com, Selasa (23/6/2020).

"Di PBSI kan ada aturannya, dan pastinya ada punishment buat dia. Semoga bisa jadi pembelajaran. Dia sudah beberapa kali melakukan itu, sudah diberi peringatan, tetapi diulangi lagi," kata dia.

Susy menyatakan bahwa PBSI memberikan skorsing tiga bulan kepada Tania.

Sang atlet kini dipulangkan sementara ke rumahnya di Bandung, Jawa Barat.

Dengan adanya sanksi skorsing tersebut, Susy berharap atlet lain juga menjadikannya pelajaran agar lebih disiplin.

Terlebih lagi, para pebulu tangkis di pelatnas PBSI memiliki tanggung jawab besar dalam membawa nama baik bangsa dan negara.

"Kami sudah keluarkan surat (skorsing Tania), baik ke klubnya PB Djarum maupun Pengprov PBSI Jawa Tengah. Skorsing Tania berlaku per tanggal 15 Juni 2020," ujar Susy.

"Setelah skorsing selesai, kami dari pelatih, binpres, dan pengurus juga akan menilai sang atlet dari segi prestasi, karakter, perilaku, dan lain-lain. Seorang juara harus menjadi contoh yang baik tidak hanya di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan," kata peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 itu.

"Apalagi dalam masa karantina Covid-19 seperti sekarang ini, aturannya kan cukup ketat. Atlet harus mematuhi aturan tersebut."

Tania sendiri merupakan pebulu tangkis jebolan PB Djarum yang lahir pada 13 Oktober 1999.

Saat ini, pasangan bermainnya di ganda putri yakni Ni Ketut Mahadewi Istarani. Keduanya kini menempati peringkat ke-59 dunia ganda putri.

Sepanjang 2020, Tania/Ni Ketut sudah mengikuti dua turnamen BWF yaitu Indonesia Masters dan Thailand Masters.

Ni Ketut sendiri kini tengah mengalami cedera pada kedua lututnya.

Kondisi dan situasi yang dialami Ni Ketut dan Tania membuat mereka dipastikan tidak terlibat dalam turnamen internal bertajuk Mola TV PBSI Home Tournament.

https://www.kompas.com/badminton/read/2020/06/23/22042048/keluar-pelatnas-pbsi-tanpa-izin-pebulu-tangkis-tania-oktaviani

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke