Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Dijuluki "Abah Online" di TikTok, Timnas AMIN: Pengguna Cerdas

Kompas.com - 01/01/2024, 08:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan mendapat julukan baru, yakni "Abah Online" usai melakukan live di social media TikTok pada Jumat (30/12/2023).

Tercatat sebanyak 300.000 lebih pengguna TikTok bergabung untuk menyaksikan siaran langsung tersebut.

Aksi perdananya itu mencuri atensi warganet di dunia maya. Pengguna social media menyebut bahwa Anies menunjukkan sosok seorang figur ayah saat live streaming.

Respons warganet

"ABW (Anies Baswedan) became father figure in Tiktok is a genius political move. His campaign team is really in their A game. (ABW (Anies Baswedan) menjadi figur ayah di Tiktok adalah langkah politik yang jenius. Tim kampanyenya benar-benar berada dalam permainan terbaik mereka)," tulis @n*b**l*ri*f*.

Anies bahkan mendapat julukan baru dari warganet, yakni Abah Online usai interaksinya bersama pengguna TikTok saat live.

“Pak, I don’t have a father and I love to get you as a father figure,” (Pak, saya tidak punya ayah dan saya senang bisa menjulukimu sebagai figur ayah)," tulis @mile***.

Julukan itu diberikan usai pengguna TikTok tersebut mendapat izin langsung dari Anies untuk memanggilnya Abah.

Timnas AMIN: sudah cocok

Juru bicara Timnas AMIN Billy David Nerotumilena mengatakan ide Anies live di TikTok merupakan inisiatif dari tim mereka.

Dia tak menduga bahwa sesi siaran langsung itu berhasil menunjukkan sisi personal Anies sehingga muncul julukan Abah Online.

Menurutnya, julukan Abah Online dan figur ayah itu cocok dengan karakter Anies.

"Memang karakter Bapak (Anies) sebagai pemimpin itu memang sudah punya tanpa harus direkayasa di social media. Dan ketika di aplikasi lebih luas lewat sebutan atau mention di media sosial ya memang sudah cocok," kata David, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (31/12/2023)

"Jadi (sosok figur ayah) bukan karakter yang kita buat-buat, sudah organik begitu ari beliaunya. Kalau yang berangkat dari hati pasti menemukan hati yang lain," imbuhnya.

Menurut David, julukan merupakan refleksi dari apa yang terjadi di dunia nyata dan bukan sesuatu yang dibuat-buat. Begitu juga dengan julukan Abah Online yang ditujukan kepada Anies.

Baca juga: Gaya Kampanye Prabowo, Anies, dan Ganjar Disorot Media Asing, Apa Kata Mereka?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com