Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Foto Habib Alex Probolinggo Jadi Story WhatsApp, Ada Apa?

Kompas.com - 07/10/2023, 15:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warganet di media sosial ramai mempertanyakan foto seorang pria berjenggot putih dan berpeci yang digunakan sebagai story di aplikasi perpesanan WhatsApp oleh sebagian orang.

Pria itu diketahui adalah Habib Muhammad (Alex) bin Muhammad As-Shodiq bin Al-'Arif Billahi Al-Habib Husein (Brani) bin Hadi Al-Hamid.

"Story wa sedang rame beliau ini lur.. mungkin ada yg tau sejarahnya?" tulis aku X @baon***, Jumat (6/10/2023).

"Habib alex tuh siapa? Tokoh apaan? Tolong bantu jelasin kenapa isi story wa ku dia semua," tulis akun @seninte****.

Ratusan warganet mengomentari unggahan tersebut. Sebagian dari mereka berspekulasi terkait alasan orang-orang memasang foto Habib Alex itu sebagai story WhatsApp.

Lantas, mengapa foto Habib Alex ramai dijadikan story WhatsApp?

Baca juga: Foto Viral Pasutri Naik Motor hingga Menara Eiffel, Begini Ceritanya

Disebut untuk keberkahan

Dilansir dari NU Online, penggunaan foto Habib Alex sebagai status di WhatsApp tersebut karena beliau yang mengamanatkannya.

Mengacu pada narasi yang beredar, Habib Alex mengamanatkan untuk memasang fotonya di sosial media. Lalu, dia akan mendoakan keberkahan bagi siapapun yang memasang fotonya.

Pendakwah milenial Nahdlatul Ulama (NU) asal Madura, Lora Ismail Al Kholilie mengatakan, tak ada masalah bagi siapapun yang ingin yang membagikan harapan termasuk dalam doa baik itu.

"(Tapi) saya pribadi tidak men-share karena jujur saya tidak kenal beliau (Habib Alex). Saya baru tahu kemarin," kata dia, masih dari sumber yang sama.

Dia berpesan agar masyarakat tidak menyebar keyakinan negatif dengan menganggap atau menuduh orang yang tidak menyebar foto itu maka ia tidak akan mendapat keberkahan.

Baca juga: 5 Fakta Foto Viral Santriwati Bawa Senjata Laras Panjang dan Kenakan Rompi Antipeluru

Siapa Habib Alex?

Menurut Lora Ismail Al Kholilie, Habib Alex merupakan putra Habib Shodiq bin Husin Al-Hamid Brani, seorang wali besar di daerah Probolinggo, Jawa Timur.

Konon, dia adalah seorang wali majdzub yang perilakunya berbeda dengan manusia pada umumnya.

Tak lama setelah fotonya dipasang sebagai story oleh sejumlah pengguna WhatsApp, muncul video pendek Habib Alex mengucapkan salam dan terima kasih kepada semua orang yang telah menyebakan fotonya.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih kepada semua orang yang mengupload foto saya, mudah-mudahan mendapatkan barakah. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh," tuturnya dalam video berikut.

Baca juga: Soal Foto Viral Status WA Baju Bekas yang Disebut Ditilap Penyidik: Asal Foto hingga Motif Pelaku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com