Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi dan Update Terkini Truk Tabrak Tiang LAA di Bintaro, 8 Perjalanan KRL Dibatalkan

Kompas.com - 25/07/2023, 14:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perjalanan kereta rel listrik (KRL) relasi Pondok Ranji-Kebayoran terganggu akibat adanya truk menabrak tiang listrik aliran atas (LAA) pada Selasa (25/7/2023).

Kapolsek Pesanggrahan Kompol Tedjo Asmoro mengungkapkan insiden truk tabrak tiang LAA itu terjadi di Jalan Bintaro Permai IV, Jakarta Selatan sekitar pukul 08.25 WIB.

Sopir truk bernama Edy Sawono (51) menyampaikan kronologi kejadian sebelum truk yang ditumpanginya akhirnya menabrak tiang LAA.

Menurut keterangan Edy, awalnya dia mengikuti petunjuk Google Maps lantaran tidak tahu jalan.

"Berdasarkan keterangan sopir, mulanya dia berangkat dari Pulogadung untuk mengantarkan produk pengharum ruangan ke Lotte Mart Bintaro. Lantaran tidak tahu jalan, dia akhirnya menggunakan Google Maps sesaat setelah exit tol di bilangan Tanah Kusir, Bintaro," tutur Tedjo, dilansir dari Kompas.com, Selasa.

Baca juga: 7 Perjalanan KRL Terganggu Dampak Truk Tabrak Tiang LAA

Kronologi truk tabrak tiang LAA

Edy mengatakan, ketika sampai di di Jalan Bintaro Permai IV, tepatnya di depan SMA Negeri 86 Jakarta, Edy merasa ada yang aneh.

Dia kemudian meminta bantuan kepada warga setempat untuk putar balik.

"Dalam proses putar balik, ban belakang truk tiba-tiba jatuh ke parit dan akhirnya mengenai tiang LAA," ungkap Tedjo.

Tiang LAA yang miring akhirnya mengakibatkan perjalanan KRL terganggu.

Sebab, aliran listrik menjadi padam dan membuat perjalanan KRL di kedua arah berhenti.

Baca juga: Viral, Video Penumpang Jatuh ke Celah Peron Saat KRL Melintas, KCI: Hilang Keseimbangan

Update terkini kecelakaan truk tabrak tiang LAA

Dihubungi Kompas.com, Selasa (25/7/2023), Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan, menyampaikan kondisi terkini kecelakaan truk yang menabrak tiang LAA sehingga menyebabkan perjalanan KRL terganggu.

Sebelumnya mulai pukul 08.43 WIB petugas KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta memadamkan aliran listrik pada lintas tersebut untuk memastikan keamanan perjalanan KRL dan proses penanganan kendala tersebut.

Selanjutnya pada pukul 11.03 WIB, petugas berhasil mengevakuasi sebagian tiang yang menghalangi jalur rel dari arah Tanah Abang menuju Serpong agar bisa dilalui kembali oleh perjalanan KRL.

"Dengan berhasilnya evakuasi sebagian tiang LAA tersebut, pada pukul 11.06 WIB aliran listrik pada satu jalur tersebut sudah terhubung kembali," kata Leza.

Perjalanan KRL sudah kembali bisa melintas dengan menggunakan satu jalur dari arah Tanah Abang menuju Serpong/Rangkasbitung dengan kecepatan terbatas yaitu 20 km/jam.

Selain itu, mulai pukul 09.30 WIB dilakukan proses pengosongan muatan truk untuk dilakukan evakuasi yang bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat.

Namun, pada jalur dari arah Rangkasbitung/Parung Panjang untuk arah tujuan Tanah Abang, Leza mengatakan, rute tersebut belum bisa dilalui dan masih dilakukan evakuasi tiang LAA.

Baca juga: Sering Penuh Berdesak-desakan, Adakah Batas Maksimal Penumpang yang Ditentukan KRL?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com