Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Jelang Asian Games 2022: Dari Hanya 15 Pemain Ikut TC, hingga Sananta Tak Dilepas

Kompas.com - 18/09/2023, 06:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai kendala dihadapi timnas U24 Indonesia menjelang tampil pada Asian Games 2022. Mulai dari hanya 15 pemain yang mengikuti pemusatan latihan awal, hingga Ramadhan Sananta yang tak dilepas Persis Solo.

Timnas Indonesia akan mengirimkan skuad U24 untuk berlaga pada Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Indra Sjafri yang diberi tugas melatih timnas U24 Indonesia pada Asian Games 2022 pun telah memanggil 22 pemain untuk dibawa ke China.

Indra mengatakan, ia telah menjalin komunikasi dengan pihak klub terkait pemanggilan pemain ke Asian Games 2022.

"Kami telah melakukan pembicaraan dengan pelatih klub-klub di Indonesia. Negosiasi itu berjalan baik dan kami membawa 22 pemain," kata Indra dikutip dari laman resmi PSSI.

Sebagai informasi, Asian Games 2022 sebenarnya dijadwalkan pada 10-25 September tahun lalu. Namun, pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan pesta olahraga negara-negara Asia tersebut diundur setahun.

Meski diselenggarakan pada 2023, Asian Games edisi ke-19 tetap mengusung nama resmi "Asian Games 2022".

Baca juga: Daftar 22 Pemain Timnas Indonesia untuk Asian Games 2022

Tak semua pemain ikut TC sejak awal

Penyelenggaraan Asian Games 2022 yang berbarengan dengan bergulirnya liga domestik membuat timnas U24 Indonesia menghadapi kendala saat menggelar pemusatan latihan atau training center (TC).

Pada latihan terakhir menjelang keberangkatan tim ke China, bahkan ada tujuh pemain yang belum bergabung dengan skuad U24 Indonesia.

Ketujuh pemain yang belum gabung itu adalah Egy Maulana Vikri, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Beckham Putra, Ramadhan Sananta, Ananda Raehan, dan Kadek Arel.

Sementara itu, 15 pemain lainnya sudah berkumpul dan menjalani TC bersama skuad Garuda.

Baca juga: Alasan Persib Hanya Lepas Rachmat Irianto ke Timnas Asian Games, Tidak untuk Marc Klok

Terkait beberapa pemain yang belum bisa gabung TC sejak awal, Indra Sjafri bisa memahami karena Asian Games bukan agenda resmi FIFA.

"Memang ada beberapa pemain yang sebenarnya ingin kita rekrut, tapi kita dengan klub sangat memahami bahwa ini bukan agenda FIFA yang mereka wajib memberikan pemainnya."

"Oleh sebab itu arahan dari Ketum PSSI pak Erick Thohir, lakukan diskusi sebaik mungkin dengan klub," kata Indra dikutip dari BolaSport.com, Jumat (15/9/2023).

Sananta tak dilepas

Terkini, kendala yang dihadapi timnas Indonesia menjelang berlaga pada Asian Games 2022 adalah tidak dilepasnya striker Ramadhan Sananta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com