Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIBA Puji Indonesia Arena Jelang Piala Dunia Basket 2023: Tanpa Cela, Fasilitas Standar Dunia

Kompas.com - 14/07/2023, 04:50 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Eksekutif FIBA, David Croker, memuji Indonesia Arena yang akan menjadi venue pertandingan FIBA World Cup atau Piala Dunia Basket 2023.

Dalam konferensi pers pengenalan brand ambassador lokal untuk FIBA World Cup 2023, Selasa (11/7/2023), David Crocker menegaskan tak menemukan cela di Indonesia Arena.

Bahkan, ia mengakui bahwa Indonesia Arena yang merupakan stadion multifungsi tersebut sebagai fasilitas standar dunia.

"Jika saya melihat dengan saksama, saya rasa saya tidak akan menemukan masalah apa pun di sini. Ini adalah sebuah fasilitas baru dengan standar kelas dunia," katanya di depan media termasuk Kompas.com.

Baca juga: Tiket Single Game FIBA World Cup 2023 di Indonesia, Mulai Rp 100.000

"Penghargaan patut diberikan kepada arsitek yang bertanggung jawab atas pembangunan fasilitas ini serta tim dari Pemerintah Indonesia yang juga ikut membangun," ujar David Crocker.

"Mereka berkata kepada tim teknik kami bahwa fasilitas ini dibangun untuk menggelar event kelas dunia," ucapnya menambahkan.

David Crocker mengatakan bahwa Indonesia Arena dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama dan digunakan untuk berbagai event.

Ia juga merasa bahwa masyarakat Indonesia sudah sepatutnya bangga karena memiliki stadion multifungsi dengan kapasitas 16.500 penonton tersebut.

Baca juga: Alasan Cinta Laura Terpilih Jadi Duta FIBA Basketball World Cup 2023

"Bagi mereka yang menantikan berita buruk, bisa saya katakan tidak ada. Hanya ada hal luar biasa," kata David Crocker.

"Saat saya berjalan masuk ke tengah arena, saya merasa sangat berenergi sebagaimana penampakan tempat ini dengan sistem penerangannya," ujar dia.

"Saya rasa tempat ini akan berumur panjang. Bahkan, jauh setelah FIBA World Cup usai. Tempat ini dapat menjadi lokasi penyelenggaraan banyak event lainnya di Jakarta," tuturnya.

"Masyarakat Indonesia harusnya akan sangat bangga dengan fasilitas ini," ucap David Crocker melanjutkan.

Indoor Multifunction Stadium GBK atau Indonesia Arena di Jakarta akan digunakan sebagai venue perhelatan FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket 2023 yang bergulir pada 25 Agustus-10 September 2023.KOMPAS.com/Ahmad Zilky Indoor Multifunction Stadium GBK atau Indonesia Arena di Jakarta akan digunakan sebagai venue perhelatan FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket 2023 yang bergulir pada 25 Agustus-10 September 2023.

Indonesia menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang. Jadwal Piala Dunia Basket 2023 bakal berlangsung pada 25 Agustus-10 September.

Namun, Indonesia hanya akan menggelar pertandingan penyisihan Grup G dan H. Sementara itu, laga-laga fase gugur akan digelar di Manila, Filipina.

Adapun Grup G FIBA World Cup 2023 dihuni oleh Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara itu, Grup H diisi Kanada, Latvia, Lebanon, dan Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com