Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Para Games 2023, Kemenpora Sewa Pesawat untuk Kepulangan Tim Indonesia

Kompas.com - 11/06/2023, 17:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah kepemimpinan Dito Ariotedjo menyiapkan dua pesawat untuk kepulangan kontingen Indonesia dari ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Kemenpora menyewa pesawat tersebut dengan tujuan untuk memastikan kenyamanan atlet Indonesia yang telah menyumbangkan 401 medali, dengan rincian 159 emas, 148 perak, dan 94 perunggu. 

Jumlah medali tersebut membuat Indonesia mengakhiri perjuangan di ASEAN Para Games 2023 Kamboja yang berlangsung pada 3-9 Juni 2023 sebagai juara umum. 

Pesawat ini tidak hanya dipakai saat menjemput kontingen, tetapi juga digunakan ketika pemberangkatan dari Solo menuju Bandara Phnom Penh, Kamboja.

Baca juga: Klasemen Akhir ASEAN Para Games 2023: Indonesia 159 Emas, Hattrick Juara Umum

"Kemenpora memang sengaja menyewa pesawat Garuda untuk kontingen Indonesia berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, untuk kenyamanan mereka di dalam perjalanan karena misi mereka sangat berat, yakni mempertahankan gelar juara umum," kata Dito.

"Alhamdulillah, fasilitas dari kami berdampak positif, mereka mampu meraih hattrick juara umum," ucap Dito dalam keterangan Kemenpora yang diterima Kompas.com. 

Tim berlabel hattrick juara umum ASEAN Para Games itu  tiba di Indonesia melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/6/2023) menggunakan dua pesawat Garuda yang difasilitasi Kemenpora.

Kedatangan rombongan atlet disambut Ketua DPR RI, Puan Maharani, dan Seskemenpora, Gunawan Suswantoro, yang mewakili Menpora RI, Dito Ariotedjo.

Baca juga: Tenis Meja Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023, Persembahan untuk David Jacobs

"Saya mewakili Menpora RI, Dito Ariotedjo, menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Pemerintah bangga atlet Para Games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick," kata Gunawan Suswantoro.

"Ditambah lagi banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou nanti," katanya melanjutkan. 

Indonesia menjadi juara umum mengungguli Thailand yang berada di urutan kedua berkat raihan 126 emas, 110 perak, dan 92 perunggu. Sementara itu, Vietnam menempati peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Terkait bonus, Seskemenpora Gunawan menyebut itu akan diberikan pemerintah sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo.

Baca juga: Nilai Bonus ASEAN Para Games Sama dengan Bonus Atlet SEA Games

"Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja. Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen dan itu sama untuk atlet ASEAN Para Games kita," ujarnya. 

Di sisi lain, CdM ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Andi Herman, menyampaikan, hasil yang dicapai oleh para atlet Indonesia di multievent dua tahunan atlet disabilitas negara-negara Asia Tenggara edisi ke-12 ini sangat luar biasa. 

"Perjuangan para atlet sangat luar biasa di ASEAN Para Games 2023 kali ini. Selain bisa menjadi juara umum dengan perolehan medali yang melampaui target, Indonesia juga hattrick juara umum," ujarnya.

"Ditambah lagi banyak para atlet yang membuat rekor baru. Hasil ini bukti kalau pembinaan atlet disabilitas kita berjalan dengan baik," ujar Andi Rahman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com